Cara Mengelola Blog di Blogspot dengan Mudah Bagi Pemula

Kesempatan ini saya coba berbagi pengalaman cara mengelola blog di blogspot dengan mudah bagi pemula. Cara ini kemungkinan bisa dijadikan sebagai salah satu sumber petunjuk dalam proses memulai mengelola sebuah blog.

Mengelola sebuah blog tentu diawali dengan pembuatan blog terlebih dahulu. Membuat blog dapat kita lakukan secara online dan gratis alias tanpa dipungut biaya. Blog yang disebut gratissan dapat ditandai dengan judul blog yang diakhiri dengan menggunakan blogspot.com. Ada pula blog yang disebut berbayar ditandai dengan judul blog yang diakhiri dengan menggunakan .com (dot com) dan lain sebagainya.

Pengalaman pertama saat membuat blog mencoba yang gratissan. Kemungkinan hal yang saya lakukan juga sama dengan teman-temna lainnya. Bila ingin mempelajari lebih juah blog gratisan dan berbayar bisa dibaca pada artikel yang sudah saya posting sebelumnya dengan judul “Cara Mengganti blogspot.com Menjadi .com Bagi Pemula”. 

Untuk memahami bagaimana kita bisa membuat blog yang lengkap hingga memposting artikel dengan baik maka inilah alur pola pikir saya ketika itu mencoba berbuat. 
  • Memahami “Makna Blog dan Website”
  • Memahami Cara Membuat Blog lalu parktekkan dengan baik
  • Memahami “Menu-menu Yang Ada di Blog”
  • Ketika paham menu-menunya lalu kita sudah Bisa dan mudah “Memposting Artikel”
  • Memahami “Google Webmaster Tools”. Blog Kita wajib didaftarkan ke Google Webmaster Tools. Tujuannya agar blog kita diindeks oleh google dan postingan kita bisa dibaca oleh publik. 
  • Memahami “Halaman Statis” dengan tujuan memenuhi kelengkapan menu navigasi sebuah blog. 

Pola pikir tersebut hanya membantu mengarahkan kita bagaimana langkah yang harus diambil saat memutuskan mulai mengelola sebuah blog.  


Apa Itu Makna Blog?

Secara garis besar dalam ensiklopedia dijelaskan bahwa Blog adalah singkatan dari web log  yang merupakan bentuk aplikasi web berbentuk tulisan (dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. 
Web bermakna sama dengan Website/situs web. Web merupakan kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi berupa teks, data-data, gambar-gambar, vidio ataupun kombinasi dari semua jenis data dan informasi yang bersifat statis maupun dinamis. 
Pemahaman sederhana saya tentang Blog adalah sebuah situs web yang menyajikan berbagai macam tulisan dalam bentuk artikel sesuai pengalaman, profesi, opini dan lainnya yang dapat diperbaharui setiap saat dan dapat diakses oleh publik (semua orang yang mengunjungi  blog kita). Artikel tersebut terkadang disertai gambar-gambar maupun vidio. 

Sekilas Kita Menyebut Blog dan Website Berbeda. Apa Bedanya?

Saya mengasumsikan bahwa Blog itu dimiliki atau dikelola perorangan/individu. Sedangkan Website dimiliki atau dikelola oleh suatu perusahaan maupun institusi/lembaga. 
Untuk persamaannya sangat jelas bahwa Blog bersifat website pribadi, sedangkan Website bersifat website umum. 

Lalu Bagaimana Cara Membuat Blog?

# Pertama
  • Pastikan sudah memiliki email (sebaiknya gmail)

# Kedua 
  • Login pada beranda google > ketik https://blogger.com > Klik “Creat Your Blog” > silahkan login gunakan email (gmail) kita yang sudah ada

# Ketiga (isi secara berurutan yaa!)
  • Untuk Judul Blog: Isi sesuai keinginan (contoh saat membuat blog dinelyku.com, judulnya “dinelyku”.
  • Untuk Alamat Blog: Masukan nama judul blog dan diakhiri dengan blogspot.com (contoh dinelyku.blogspot.com) > Jangan lupa beri tanda centang.
  • Untuk Template: Pilih salah satunya sesuai keinginan
  • Klik Buat Blog

# Keempat 
  • Kita sudah berhasil buat blog > silahkan cek blog dengan cara klik “Lihat Blog”

Jika empat langkah diatas dilakukan dengan tepat...maka kita sudah berhasil memiliki sebuah situs blog. Selanjutnya perlu memahami menu-menu yang ada dalam blog. Bila perlu silahkan baca artikel yang sudah saya posting sebelumnya dengan judul “Memahami Menu-menu di Blog dengan Mudah Bagi Pemula”.

Setelah sudah membuat blog dan memahami menu-menu yang ada di dalamnya, maka mulailah menulis artikel yang siap untuk diposting/dipublikasikan.

Bagaimana Cara Memposting Artikel?

  • Artikel sudah terpublikasi. Tetapi ketika ingin menelusuri pada mesin pencari google belum bisa ditemukan oleh publik . Olehnya itu kita perlu daftarkan blog kita di “Google Webmaster Tools” agar blog terindeks/terdaftar di goole dan postingan terdeteksi di mesin pencari google.

Setelah sudah berhasil mempublikasikan artikel dan bisa dibaca oleh publik maka kita masih perlu membuat kelengkapan menu navigasi sebuah blog yakni membuat halaman statis. Yang dimaksud halaman statis berupa “About”, “Contact”, “Privacy Policy”, “Disclaimer”, dan “Term of Service/TOS”. Kelengkapan ini berfungsi untuk mempercantik tampilan blog secara profesional dan sebagai syarat wajib jika kita ingin mendaftarkan blog ke Google Adsense.


Bagaimana Cara Membuat Halaman Statis?

# Pertama Membuat Halaman About atau Tentang Saya
  • Login Blog > Klik Menu Halaman > Klik Halaman Baru > Isi Judul Halaman boleh dituliskan “About” atau “Tentang Saya”> Klik Compose/ posisi sebelah kiri atas > Isi kolom konten dengan cara mengetiknya secara manual yang berisi tentang garis besar diciptakannya blog kita > untuk contoh sederhana boleh baca situs blog dinelyku.com dan situs blog lain untuk memperdalam pemahaman.

# Kedua Membuat Halaman Contact  atau Kontak
  • Silahkan ikuti cara membuat halaman About di atas. Tinggal ganti  judul halaman dengan “Contact” atau “Kontak’

# Ketiga Membuat Halaman Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service/TOS

Demikian penjelasan cara mengelola blog di blogspot dengan mudah bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Terimakasih...

1 Response to "Cara Mengelola Blog di Blogspot dengan Mudah Bagi Pemula"

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    ada bonus cashback dan bonus deposit harian
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel