Cara Mudah Mengubah Profil Google Plus Menjadi Profil Blogger


Kesempatan ini saya berbagi pengalaman cara mudah mengubah Profil Google Plus (Google+) menjadi Profil Blogger. Bagi yang sudah paham mungkin artikel ini tidak asing lagi..tetapi bagi pemula yang baru mengenal dunia blog sekiranya bisa dijadikan sumber informasi yang bisa membantu.

Ketika kita membuat sebuah blog tentu saja kita melakukan pengaturan blog. Antara lain pengaturan di menu “Setelan”....Ada yang menyetting Profil Pengguna yakni Google+ dan ada juga yang memilih Profil Pengguna yakni Blogger. Lalu ada penyetingan kolom komentar Google+. Untuk blog dinelyku.com sebelumnya juga menerapkan Profil Pengguna Google+ dan menerapkan komentar blogger sejak pembuatan blog. Contoh tampilan profil Google + di blog:


Pada umumnya banyak yang memilih Profil Pengguna Google+ sebab dengan Google+ kita bisa menshare postingan kita di Google+ yang tentu membantu peningkatan Traffic/Pengunjung Blog. 

Selain itu dengan adanya Google+ membantu artikel yang kita posting mudah di temukan di mesin pencari google. Tapi fakta ini tidak lagi berlaku untuk ke depannya. Mengapa demikian? Simak penjelasan berikut Ini!......


Baca Juga: 


Apa itu Google Plus (Google+)?

Secara sederhana Google+ merupakan salah satu fitur yang menyerupai fitur sosial media lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin dan lain-lain yang disediakan atau dimiliki atau berada di bawah naungan google. 
Di dalam Google+ juga tersedia berbagai macam informasi yang dimuat seperti profil pengguna, youtobe, picasa, termasuk tombol share Google+ dan lain sebagainya.
Tepatnya 6 Februari 2019 ketika membuka blog ternyata disuguhkan dengan pengumuman penghentian Google+ yang muncul di dashboard blog. Dan ini tentu berlaku pada semua blog.


Pengumuman tersebut secara keseluruhan memberitahu kita bahwa Widget Google+ dan hal lain yang terkait dengan Google+ akan dihapus (diremove) pihak google secara otomatis dalam waktu yang telah ditetapkan. Antara lain komentar Google+ akan hilang dan tidak bisa dialihkan ke komentar blogger, Profil Pengguna Google+ dan  tombol share yang tertera di halaman utama blog.

Sebenarnya tidak menjadi masalah menunggu diremove otomatis pihak google. Tetapi untuk menjaga kemungkinan agar blog kita tetap aman/tidak eror maka bisa kita remove manual. Tujuannya adalah data yang sekiranya bisa di alihkan maka bisa kita alihkan terlebih dahulu. 

Atas dasar pengumuman penghentian Google+ maka blog dinelyku.com mencoba mengalihkan secara manual tanpa harus menunggu di remove secara otomatis oleh pihak google. Data yang saya anggap perlu ada dua hal yaitu (1) mengubah/mengalihkan data Profil Pengguna dari Googe+ menjadi Profil Pengguna Blogger dan (2) menghapus tombol share Google+.

Lalu Bagaimana Cara Mudah Mengubah Profil Pengguna Google+ ke Profil Pengguna Blogger?

Login Blog > Kilik Setelan > Klik Setelan Pengguna > Klik Blogger > Klik Simpan Setelan (posisi tombol pojok kanan atas) > Klik Alihkan ke Profil Bloger > Silahkan cek apakah sudah berhasil atau belum dengan cara buka dashboard lihat di samping “Menu Entri” tertulis “Menggunakan Blogger sebagai Sarnely Uge”. Ini sebagai contoh sesuaikan dengan blog masing-masing > selesai.


Karena pada saat kita mengedit Profil, untuk Opsi Tampilan di beri tanda centang maka profil kita muncul di halaman blog dan setiap pengunjung bisa melihatnya.

Kemudian Bagaimana Jika Menghapus Tombol Share Google+?

Login blog > klik Tema > klik edit HTML > tampilan kotak kode muncul > posisikan kursor di dalam kotak kode/boleh diatas, bawah, samping kiri dan Kanan/yang jelas dalam kotak kode yaa > Tekan Tombol Control + F secara bersamaan > muncul kotak persegi/pojok kanan atas > ketik Google Plus > hapus 3 baris kode google.plus.com > klik Simpan Tema > Selesai


Setelah kode tombol Google+ dihapus maka terjadi perubahan pada hamalan blog > silahkan cek tampilannya dengan cara masuk ke blog teman-teman.


Tampilan Berubah Setelah Menghapus Kode Goole Plus


Sekedar Tambahan Bagaimana Jika Ingin Mengedit Profil Blogger?

Mengedit Profil tidak harus semua kita masukan...Menurut saya beberapa item yang perlu diisi. Namun kembali pada kebutuhan yang diinginkan. Jika format yang tersedia ingin dilengkapi semua ok ok saja.

Langkah-langkahnya
  • Mulai login Blog > Klik Menu Setalan > Klik Setelan Pengguna > Klik edit Blogger 
  • Centang pada “Bagikan Profil Saya”
  • Email tidak perlu ditampilkan
  • Cantumkan foto profil (optional). Caranya: Klik Browse/Telusuri/Pilih File (foto yang diinginkan) > Simpan Profil > Perubahan silahkan cek di dashboard blog samping Menu Entri dan tampilan di halaman blog.
  • Klik jenis kelamin yang sesuai
  • Cantumkan lokasi (Kota, Kota/Provinsi, Negara) yang sesuai
  • Kolom Industri (sesuaikan dengan bidang keahlian/pengalaman teman-teman)
  • Klik Simpan Profil > Selesai.

Demikian pengalaman saya ketika mengubah profil Google Plus menjadi Profil Blogger. Termasuk cara mudah menghapus Tombol Share Google+. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih...



1 Response to "Cara Mudah Mengubah Profil Google Plus Menjadi Profil Blogger "

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    ada bonus cashback dan bonus deposit harian
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel