Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Mengkaji Hakikat Strategi Belajar Mengajar

Pada kesempatan ini saya mencoba mengulas materi Hakikat Belajar Mengajar. Materi ini penting adanya terkhusus dalam kajian bidang pendidikan. Kunci bagi tercapainya pembelajaran berkualitas adalah paham akan hakikat belajar mengajar. Sebagai guru atau calon guru, berharap memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa.

Baca Juga: Pengantar Konsep Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Micro Teaching

Apa Hakikat Strategi Belajar Mengajar?

Strategi belajar mengajar adalah kiat-kiat yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemahaman strategi belajar mengajar bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.

Apa Pentingnya Memahami Hakikat Strategi Belajar Mengajar?

# Meningkatkan Pemahaman Materi Pelajaran

Dengan menerapkan strategi belajar mengajar yang tepat, guru dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran.

# Membekali calon guru atau guru

Menghadapi beragam tantangan dalam kelas, dan bagaimana menciptakan siswa belajar mandiri, efektif serta  lingkungan pembelajaran yang menyenangkan tentu saja guru harus memahami strategi pembelajaran dengan baik

# Membantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran

Dengan menerapkan strategi yang inovatif dan efektif, guru dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir kritis, kreatif, inovatif

# Keterampilan Guru Menjadi Berkembang

Ketika guru memahami hakikat belajar mengajar maka dapat mengembangkan keterampilan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

# Menghargai Keragaman Siswa

Siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Perbedaan itu dari segi gaya belajar, kebiasaan belajar, sikap, minat, motivasi maupun latar belakang keluarga yang berbeda. Pemahaman hakikat belajar mengajar oleh guru menjadi dasar dalam merancang pembelajaran untuk memenuhi keberagaman tersebut.

# Meningkatkan  Efektivitas Proses Pembelajaran

Pemahaman hakikat belajar mengajar dapat membantu guru merancang dan menetapkan pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang lebih efektif. Dampaknya adalah siswa dapat belajar dengan lebih baik dan pemahamannya juga bertambah baik.

# Mendorong Motivasi Belajar

Guru yang memahami bagaimana memotivasi siswa akan lebih berhasil dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung dan memotivasi siswa untuk belajar maka perlu memiliki pemahaman konsep belajar dan pembelajaran

Baca Juga: Unsur-unsur Belajar

Lalu Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Belajar Mengajar yang Baik?

# Perhatikan gaya belajar siswa

Gaya belajar siswa beragam (visual, auditori, kinestetik). Sebagai guru, penting untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa agar mereka dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan.

# Gunakan teknologi sebagai alat bantu dalam menerapkan strategi belajar mengajar

Guru dapat membuat presentasi dengan memuat gambar-gambar dan video relevan untuk memperjelas konsep isi atau materi. Disamping itu, pemberian tugas-tugas  tidak hanya secara tatap muka tetapi juga sifatnya online dan dapat diakses siswa ketika berada di luar kelas atau dimana saja mereka berada. Jadi peroses belajar berlangsung secara berkelanjutan.

Baca Juga: Ciri-ciri dan Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran

Lalu, Apa Tantangan dalam Penerapan Startegi Belajar Mengajar?

Kebutuhan siswa berbeda-beda sehingga akan nampak sulit disesuaikan dengan strategi yang tepat. Kebutuhan siswa dapat ditinjau dari gaya belajar dan kebisaan belajar yang berbeda-beda. Kemudian ketersediaan sumber daya dan dukungan dari sekolah juga dapat mempengaruhi penerapan strategi belajar mengajar.

Tantangan lainnya adalah kurangnya motivasi siswa. Meskipun guru telah menerapkan strategi yang tepat, jika siswa tidak termotivasi untuk belajar, hasilnya akan tetap tidak optimal. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa, serta memberikan dukungan dan dorongan agar siswa termotivasi untuk belajar.

Baca Juga: Konsep Belajar dan Pembelajar Dilengkapi Contoh-contoh

Demikian uraian materi tentang Hakikat Strategi Belajar Mengajar. Semoga bermanfaat.

Terimakasih. . .

Post a Comment for "Mari Mengkaji Hakikat Strategi Belajar Mengajar"