Apa Perbedaan Definisi Konseptual dan Definisi Operasional

Kesempatan ini saya coba berbagi informasi bagaimana melihat perbedaan antara Definisi Konseptual dan Definisi Operasioanal. 

Istilah ini pasti kita temui saat penulisan karya ilmiah baik Skripsi, Tesis maupun Disertasi. Dalam proses penyusunan karya ilmiah tersebut tepatnya pada bab 2 kajian teoretik kita dituntut untuk menyajikan berbagai teori dari setiap variabel penelitian. 

Apa itu variabel? Variabel adalah konsep yang memiliki makna. Konsep ini mengandung arti apa yang perlu diamati dan diteliti (Kadir, 2015)

Nah, sekarang saya memberikan satu rangkaian yang sekiranya bisa dijadikan tambahan informasi untuk lebih memahami perbedaan keduanya.

Makna Definisi Konseptual

Definisi konseptual merupakan sebuah definisi yang memberikan penjelasan tentang konsep-konsep yang ada menggunakan pemahaman sendiri dengan singkat, jelas dan tegas.

Yang dimaksud konsep dalam hal ini adalah berbagai teori/konsep yang telah dikutip sebelumnya dan kita jadikan satu definisi khusus.

Contoh Paragraf yang Memuat Definisi Konseptual:

# Variabel Kinerja Kepala Sekolah

Kinerja adalah tingkat pencapaian hasil atas pelaksanaan tugas tertentu (Simajuntak, 2005:10).  Sedangkan menurut Gomes (2002:13), kinerja merupakan perwujudan dari hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Nawawi (2001:235), menggunakan istilah kinerja dengan sebutan karya. Istilah karya dimaksudkan adalah hasil pelaksanaan atau pekerjaan baik bersifat fisik/material maupun non fisik/non material. Setiap pekerjaan dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagaimana terdapat dalam deskripsi pekerjaan/jabatan, perlu dinilai hasilnya setelah tenggang waktu tertentu.......

(Ditambah penjelasan seterusnya terkait dengan konsep-konsep yang menggambarkan tugas dan tanggung jawab serta fungsi kepala sekolah dan lain-lain......saya tidak menguraikan lebih panjang. ini hanya sebagai contoh saja).

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas, maka yang dimaksud dengan kinerja kepala sekolah adalah kemampuan seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsi-fungsinya sebagai pemimpin sekolah agar guru dan siswa bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dalam upaya mencapai tujuan pendidikan di sekolah (Inilah Contoh Rumusan Definisi Konseptual)

Makna Definisi Operasional

Definisi operasional merupakan sebuah definisi yang memberikan penjelasan lebih rinci atau definisi yang memuat penjelasan tentang petunjuk bagaimana konsep yang telah dibuat tersebut dapat diukur.

Dengan demikian kita perlu lihat kembali definisi konseptual di atas...sebab merumuskan definisi operasional bertolak dari definisi konseptualnya. Kira-kira begitu pemaknaan dari saya.

Untuk Contohnya Rumusannya:

Kinerja kepala sekolah dalam penelitian ini adalah kemampuan seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsi-fungsinya sebagai pemimpin sekolah agar guru dan siswa bekerja sesuai dengan bidang tugas masing-masing dalam upaya mencapai tujuan pendidikan di sekolah yang diukur melalui beberapa indikator yakni: (1) kepala sekolah sebagai evaluator, (2) kepala sekolah sebagai menejer, (3) kepala sekolah sebagai administrator, (4) kepala sekolah sebagai supervisor, (5) kepala sekolah sebagai leader, (6) kepala sekolah sebagai inovator dan (7) kepala sekolah sebagai motivator (Inilah Contoh Rumusan Definisi Operasional)

Berbagai indikator yang dimaksudkan tersebut sudah terlebih dahulu diulas di dalam bab 2. Jangan sampai membuat definisi operasional lantas teorinya tidak ada atau tidak dicantumkan. Itu sesuatu hal yang keliru.. 

Kesimpulan

Membuat Definisi Konseptual dan Definisi Operasional tetap menggunakan pemahaman dan kalimat kita sendiri. Definisi konseptual bertolak dari kutipan-kutipan teori sebelumnya/konsep yang telah dikutip. Definisi operasioanal itu bertolak dari defenisi konseptual yang sudah ditetapkan tinggal dipertegas bagaimana konsep itu dapat diukur.

Demikian penjelasan terkait perbedaan Definisi Konseptual dan Definisi Operasional. Teori-teori di atas hanya merupakan contoh kecil. Konsep definisi yang saya kembangkan bukan suatu yang real bahwa itulah yang benar hanya saja sebagai contoh apa yang saya pahami...Semoga bermanfaat.

Terimakasih...

Sumber:

Gomes, Faustino Cardoso. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, Penerbit: Andi Ofset.
Nawawi, H. 2001. MSDM untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 
Simanjuntak, J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FEUI
Kadir. Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

1 Response to "Apa Perbedaan Definisi Konseptual dan Definisi Operasional "

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    ada bonus cashback dan bonus deposit harian
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel