Apa Pentingnya Kreativitas Anak dalam Pembelajaran?


Kesempatan ini saya berbagi pemahaman tentang pentingnya kreativitas dalam pembelajaran. Kreativitas dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dapat dikembangkan pada semua mata pelajaran baik IPS, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan Prakarya dan seterusnya.

Guru merupakan orang tua murid ketika berada di sekolah memiliki peran penting dalam pembelajaran salah satunya membantu mengembangkan kreativitas anak tersebut.

Kita ketahui setiap individu sejak dilahirkan sudah memiliki potensi untuk menjadi kreatif. Bagaimana potensi itu dapat berkembang maka faktor lingkungan turut mempengaruhi perkembangan potensi kreatifnya menjadi lebih optimal.

Bilamana lingkungan dalam hal ini sekolah memberi peluang bagi anak untuk berkreasi sesuai usianya maka otomatis akan terwujud kreativitasnya dengan baik.

Contoh kecil kreativitas anak di sekolah misalnya kita bisa amati dari kegiatan anak yang senang dengan mengaktualisasikan dirinya seperti sering menggambar, melukis, bernyanyi, menari, terus berbicara dengan orang di sekitarnya, terkadang memberikan solusi secara tiba-tiba dan lain sebagainya.

Apa Makna Kreativitas dalam Pembelajaran?

Kata kreativitas memiliki makna yang sangat luas. Tergantung dari konteks dimana kreativitas itu diberlakukan. Karena kita berbicara kreativitas dalam pembelajaran maka kita masuk dalam ranah ide/gagasan/pendapat/produk/karya/imajinasi yang diciptakan atau dihasilkan atau diwujudkan atau dimunculkan dalam proses pembelajaran.

Jadi kreativitas dalam pembelajaran bermakna kemampuan siswa dalam menciptakan sesuatu hal baik ide atau gagasan maupun hasil karya dalam proses pembelajaran yang dipandang sangat istimewa berbeda dari pemikiran anak-anak lainnya.


Lalu Apa Pentingnya Kreativitas Anak dalam Pembelajaran?

  1. Meningkatkan kepercayaan diri anak ketika berada di lingkungan sosialnya
  2. Berlatih menggali kemampuan berpikirnya sehingga muncul imajinasi yang dituangkan menjadi beragam ide-ide atau gagasan bermanfaat
  3. Anak mampu mengemukakan ide atau gagasan tanpa merasa terbebani
  4. Anak mampu memecahkan masalah yang dihadapi
  5. Ketika kita mengapresiasi kreativitas anak maka secara tidak lansung mendidik anak untuk selalu mengapresiasi hasil ide-ide atau gagasan atau karya orang lain
  6. Kreativitas membantu anak belajar untuk menemukan hal baru yang bisa dijadikan sebuah inovasi dalam pembelajaran
  7. Membantu mencapai kesuksesan kelak karena memiliki banyak ide-ide cemerlang

Nah, Seberapa Besar Peran Guru Membantu Kreativitas Anak dalam Pembelajaran?

Satu kunci keberhasilan siswa di sekolah adalah guru yang menjalankan perannya dengan maksimal...Tentu saja untuk melatih siswa menjadi kreatif atau lebih kreatif maka ditunjang dengan guru yang memiliki kreativitas yang tinggi pula. 

Guru perlu mengadakan pembaharuan dalam pembelajaran meskipun pada prinsipnya tidak mudah bagi guru untuk berkreasi. Hal itu disebabkan karena perlu diakui tidak semua guru memiliki tingkat kreativitas yang sama. Tetapi kreativitas itu sendiri dapat dikembangkan oleh guru. Proses pengembangannya pun bisa dimulai dari guru yang tidak perlu malu untuk belajar dari teman guru lain yang dipandang kreatif dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, namun dapat pula didiskusikan dengan teman sejawat kreativitas apa yang bisa dan bagaimana untuk melakukannya. 

Faktor-faktor Apa Saja Yang Bisa Menghambat Kreativitas Anak dalam Pembelajaran?

Dari Segi Guru:
  • Ketika anak masuk kelas cenderung diarahkan duduk yang tenang, lipat kedua tangan diatas meja dengarkan penjelasan guru.
  • Guru masih menanamkan prinsip bahwa siswalah yang mendengarkan guru dan tidak sebaliknya. 
  • Melaksanakan evaluasi terhadap hasil belajar koginitifnya hanya menekankan pada jawaban benar atau salah. Kurang mempertimbangkan proses penyelesaian tugas. Artinya tidak mengamati seberapa besar siswa ikut terlibat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya
  • Keterbatasan sarana pembelajaran yang disediakan oleh sekolah. Hal ini mempengaruhi siswa untuk mengeksplorasi lingkungan belajarnya.

Faktor tersebut menjadi sebahagian penghambat munculnya kreativitas anak...sebab anak akan merasa takut untuk mengeluarkan ide-idenya hanya karena guru yang kurang memahami perkembangan kebutuhan anak di usia itu. Jadi seolah-olah siswa tidak kreatif padahal siswa punya potensi kreatif sejak lahir...tetapi karena lingkungan belajarnya yang tidak mendukung maka siswapun tidak mampu mengembangkan imajinasinya dengan baik untuk menjadi individu yang kreatif.

Dari Segi Siswa:
  • Pola kebiasaan di rumah yang super ketat. Artinya segala sesuatu yang dilakukan anak saat berada di rumah sudah terjadwal oleh orang tua. Dimana orang tua belum tentu memahami bahwa cara berpikir anak diusianya yang masih mengikuti cara pandang dirinya sendiri. Belum sampai pada tahap mengikuti cara pandang orang tua.
  • Muncullah yang sifatnya kurang bahkan tidak ada rasa percaya diri
  • Kemudian timbul perasaan takut akan disalahkan atau dikritik dan lain-lain

Faktor ini kembali kepada bagaimana orang tua mendidik anak di rumah....karena waktu anak banyak dihabiskan di rumah ketimbang di sekolah. olehnya itu kondisi yang diciptakan di rumah akan di bawa anak ke sekolah. Hal ini akan berdampak pada rendahnya kreativitas anak.

Bagaimana Kesimpulannya?

Kreativitas dalam pembelajaran berdampak positif dalam berbagai konteks kehidupan anak. Olehnya itu mengharagai kreativitas anak jauh lebih meingkatkan kepercaan diri ketika bergabung dalam lingkungan sosialnya. Kreativitas menjadi sebuah kebutuhan. Maka bukan sesuatu hal yang berlebihan bila menemukan anak mengaktualisasikan dirinya dan orang tua maupun guru menghalangi dengan tidak memberikan ruang/kesempatan untuk anak berpikir dan mengeluarkan ide atau gagasannya yang dipandang berbeda dari anak-anak lainnya.

Sebaiknya anak diberi kesempatan untuk mengaktualisasikan ide-idenya atau gagasan atau kemampuan aktualisasi diri lainnya sepanjang sesuai dengan tingkat usianya atau tumbuh kembang anak itu sendiri.

Demikian yang bisa saya uraikan mengenai pentingnya kreativitas dalam pembelajaran....Semoga bermanfaat.

Terimakasih....



0 Response to "Apa Pentingnya Kreativitas Anak dalam Pembelajaran?"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel