Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Mengkaji Hakikat, Tujuan, dan Landasan Pembelajaran IPS SD!

Pada kesempatan ini saya akan mencoba menguraikan Konsep Hakikat, Tujuan dan Landasan Pembelajaran IPS SD. Konsep ini adalah salah satu bahan kajian dalam mata kuliah Pendidikan IPS SD. Mata kuliah prasyarat  dari mata kuliah ini adalah Konsep Dasar IPS. Mahasiswa yang sudah mendapatkan dan memahami mata kuliah Konsep Dasar IPS akan lebih mudah menelaah materi yang tersaji berikut ini.

Apa Hakikat Pendidikan IPS?

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang mengintegrasikan berbagai bidang ilmu, seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi. Pembelajaran IPS memberikan pengalaman bagi siswa untuk menganalisis suatu fenomena kehidupan sosial dari berbagai perspektif ilmu sosial tersebut.

Lalu Apa Tujuan Pendidikan IPS?

Tujuan pendidikan IPS di Sekolah Dasar yaitu:

  1. Membantu siswa mengembangkan kemampuan membuat keputusan informasi
  2. Pembelajaran IPS memberikan pengalaman bagi siswa untuk mencermati suatu fenomena kehidupan sosial dari berbagai perspektif ilmu sosial
  3. Membina siswa menjadi warga negara dan warga masyarakat yang mengetahui akan hak dan kewajibannya, yang juga mempunyai tanggung jawab kesejahteraan bersama-sama
  4. IPS di Sekolah Dasar juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti berbicara, mendengarkan, berkolaborasi, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosialnya.
  5. Pembelajaran IPS juga turut mengembangkan sikap positif, seperti toleransi, keadilan, empati, dan rasa tanggung jawab sosial.
  6. Menjadi warga negara yang demokratis

Kemudian Apa Saja Landasan Pendidikan IPS?

  1. Pembelajaran IPS di SD berdasarkan pada kurikulum nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yang menetapkan tujuan, materi, dan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.
  2. Pembelajaran IPS di SD terkait dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa.
  3. Pendidikan IPS menggabungkan berbagai disiplin ilmu sosial, seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi, untuk memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang masyarakat dan dunia.
  4. Guru menggunakan berbagai sumber belajar, seperti buku teks, multimedia, kunjungan lapangan, dan sumber daya lokal untuk meningkatkan pemahaman siswa. 
  5. IPS di Sekolah Dasar harus mencerminkan keberagaman budaya, agama, dan masyarakat yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Kumpulan Masalah dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar

Demikian ulasan terkait Hakikat, Tujuan dan Landasan Pendidikan IPS SD. Uraian tersebut masih banyak kekurangan dari segi pengkajian. Untuk itu perlu ditelaah lebih lanjut dari berbagai sumber sehingga kaya akan pengetahuan dan memperluas wawasan. Semoga bermanfaat. 

Terima kasih...

37 comments for "Mari Mengkaji Hakikat, Tujuan, dan Landasan Pembelajaran IPS SD!"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terkait dengan pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang menggabungkan beberapa unsur dan pelajaran, pertanyaannya apakah pembelajaran tematik bisa optimal saat diajarkan di sekolah?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, izin bertanya terkait tujuan pendidikan IPS pada point ke 6 yaitu menjadi warga negara yang demokratis. Lalu bagaimana kah implementasi IPS di sekolah dasar yang bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang demokratis.

    Sekian wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Pertanyaan saya terkait poin pertama dalam landasan pendidikan IPS. Hal apa yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa yang belum mampu mencapai apa yang telah ditetapkan oleh kurikulum?

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    izin bertanya terkait landasan pendidikan ips. salah satu landasannya adalah guru menggunakana sumber belajar yang berasal dari sumber daya lokal.
    Seperti apa sumber daya lokal yang dimaksud?

    Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum perkenalkan nama Halmasari dengan Nim A1G122046.
    Izin bertanya dalam poin 3 pembahasan landasan pendidikan IPS .Seperti apa Pendidikan IPS dapat menggabungkan berbagai disiplin ilmu sosial, seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi, dalam pemberikan pemahaman yang lebih menyeluruh.

    Terimakasih wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,
    pertanyaan saya mengenai landasan pendidikan ips, pada pembelajaran IPS di SD berdasarkan pada kurikulum nasional itu telah ditetapkan oleh pemerintah mengenai tujuan, materi juga kompetensi yang harusnya dicapai oleh siswa.Nah, pertanyaannya bagaimana jika tujuan, materi, juga kompetensi tersebut tdk dapat dicapai oleh siswa. strategi apa yang harus di lakukan oleh guru agar semuanya itu bisa tercapai oleh siswa.
    sekian
    terimakakasih
    wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu Izin bertanya bu
    seperti yang tercantum dalam materi diatas bahwa Pendidikan IPS SD memberikan pengelaman bagi siswa mencermati lingkungannya dan membantu dalam pengembangan hubungan sosial siswa yang baik serta menjadikannya sebagai warga negara yang baik. dengan kata lain bertujuan untuk merubah perilaku siswa. pertanyaan saya adalah bagaimana cara sebagai seorang guru dalam membuat pembelajaran IPS SD berkesan sehingga dapat mencapai tujuan tersebut?
    terimakasih

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Izin bertanya pada poin ke 3 tujuan IPS siswa dapat mengetahui hak dan kewajiban pertanyaan saya bagaimana cara seorang guru mengajar siswa agar dapat mengetahui hak dan kewajiban nya dalam pendidikan IPS ini karena setau saya hak dan kewajiban termasuk dari mata pelajaran pkn

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Mengenai tujuan pendidikan IPS SD pada poin ke 5 "Pembelajaran IPS juga turut mengembangkan sikap positif, seperti toleransi, keadilan, empati, dan rasa tanggung jawab sosial" . Pertanyaan saya apakah tujuan tersebut dapat di katakan berhasil jika guru terak menerapkan pendidikan IPS SD tetapi siswa tidak mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari nya, bahkan ada siswa secara terang-terangan melakukan perbuatan yang tidak di inginkan? Jelaskan
    Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum wr.wb
    Dan selamat siang
    Untuk pertanyaan saya yaitu, apakah ada hal-hal yang dapat menghambat sehingga tujuan dari mata pelajaran ips ini tidak tercapai sepenuhnya pada siswa khususnya di sekolah dasar? Bagaimana solusi yang tepat dalam mengatasi hal tersebut?
    Sekian, terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh
    Izin bertanya bu, pada bagian tujuan pembelajaran ips di poin 4, bagaimana pembelajaran ips itu bisa meningkatkan keterampilan berbicara seorang siswa?

    ReplyDelete
  14. Selamat siang, izin bertanya sebagaimana yang di sebutkan dalam tujuan pendidikan IPS di SD pada point pertama. Pertanyaan saya, bagaimana cara pendidikan IPS membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan keputusan informasi ?

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Izin bertanya Bu tentang tujuan pendidikan IPS di poin ke 3 tentang tujuan IPS yang dapat membina siswa agar menjadi warga negara yang baik, pertanyaan yaitu pembinaan seperti apa yang berkaitan dengan IPS yang bisa dilakukan agar siswa itu menjadi warga negara yang baik dan bisa mengetahui hak dan kewajiban nya sebagai warga negara

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum warohmatullahI wabarokatuh
    Mengenai Salah satu tujuan IPS adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti berbicara, mendengarkan, berkolaborasi, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosialnya.
    Pertanyaan saya yaitu bagaimana memunculkan rasa partisipasi sosial tersebut kepada siswa ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Mengenal salah satu point dari tujuan pendidikan IPS yaitu membina siswa menjadi warna negara yang mengetahui hak dan kewajibannya. Pertanyaan saya bagaimana peran yang harus dilakukan seorang guru.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. Izin bertanya

    Bagaimana peran pendidikan IPS Dalam membangun karakter siswa di sekolah.

    Terimakasih
    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatu

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum wr.wb.
    Menganai poin kedua Landasan Pendidikan di SD, saya ingin bertanya bagaimana pembelajaran IPS di SD itu dapat dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari siswa?Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Bagaimana pembelajaran IPS dapat memengaruhi pembentukan sikap positif, seperti toleransi, keadilan, empati, dan rasa tanggung jawab sosial pada siswa?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Mengapa pendidikan IPS menjadi bagian penting dalam membina masyarakat menjadi warga negara yang baik? Bukankah sudah ada pendidikan kewarganegaraaan yang mengatur Pembelajaran hak dan kewajiban?

    ReplyDelete
  22. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dampak seperti apa yang dapat dirasakan oleh guru maupun siswa jikalau salah satu landasan dalam pendidikan IPS tidak berjalan?

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    apa saja yang dapat dikembangkan dalam diri siswa terhadap pembelajaran ips

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
    Dalam mencapai keterampilan sosial yang merupakan salah-satu tujuan IPS SD,hal-hal apa saja yang paling efektif yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk mewujudkannya?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

      Nama: Murni
      NIM : A1G122058
      Izin bertanya

      Jelaskan bagaimana IPS bisa mengintegrasikan berbagai bidang ilmu, seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi ?

      Delete
  26. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Apa hambatan yang mungkin dihadapi dalam mengkaji hakikat,tujuan,dan landasan pembelajaran IPS di SD?

    Terima kasih
    Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh🙏

    ReplyDelete
  27. Seperti yang diketahui IPS di Sekolah Dasar harus mencerminkan keberagaman budaya, agama, dan masyarakat yang ada di Indonesia. Bagaimana cara yang efektif bagi guru dalam mengajarkan keberagaman pada siswa SD agar siswa mudah mengerti?

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaikum Izin bertanya, sebagaimana tujuan pembelajaran IPS yang dituliskan diatas adalah Pembelajaran IPS memberikan pengalaman bagi siswa untuk mencermati suatu fenomena kehidupan sosial dari berbagai perspektif ilmu sosial. jadi dalam proses pembelajarannya, pendekatan praktis seperti apa yang dapat digunakan ??

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
    Saya atas nama Wa Ode Riska Wulandari izin Bu saya menggunakan akun teman
    Izin bertanya, Mengenai landasan pendidikan IPS pada poin ke-4 dikatakan bahwa guru menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku teks multimedia kunjungan lapangan dan sumber daya lokal untuk meningkatkan pemahaman siswa. Pertanyaan saya itu terkait mengenai kunjungan lapangan, dari pengalaman saya pribadi guru pada mata pelajaran IPS itu kami hanya diajarkan materi-materi mengenai sistem geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan kami tidak pernah mendapatkan yang namanya itu kunjungan lapangan dan sumber daya lokal untuk meningkatkan pemahaman siswa. di sini Saya ingin bertanya apakah pada pendidikan di sekolah dasar sekarang ini telah diterapkan mengenai kunjungan lapangan tersebut sekian terima kasih

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Saya Maryam izin bertanya terkait landasan pendidikan IPS pada point ke 4 yakni guru menggunakan berbagai sumber belajar, seperti buku teks, multimedia, kunjungan lapangan, dan sumber daya lokal untuk meningkatkan pemahaman siswa.
    Pertanyaan saya yaitu jika tidak ada sumber daya lokal di dalam suatu daerah tersebut, apakah dapat menghambat pemahaman siswa dalam belajar?

    Sekian, terima kasih

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Saya Raziqin Syahrain Man Syarif dengan NIM A1G122070
    Salah satu tujuan pendidikan IPS yaitu membantu siswa mengembangkan kemampuan membuat keputusan informasi.
    Pertanyaan saya bagaimana cara kita sebagai guru SD untuk mengembangkan kemampuan membuat keputusan informasi siswa melalui pendidikan IPS

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin bertanya
    Pada IPS di sekolah dasar juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, maka pertanyaan saya metode seperti apakah yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran IPS untuk mencapai tujuan tersebut, terimakasih

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarahkathu izin bertanya pada poin dua bagian tujuan pendidikan ips SD. Bagaimanakah langkah-langkah yang dapat di lakukan seorang guru agar tujuan pendidikan ips dapat terpenuhi.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh🙏 Terkait dengan tujuan IPS yang mengembangkan sikap positif siswa seperti memiliki rasa empati, toleransi, dll.

    Pertanyaan saya, bagaimana cara memperbaiki sikap siswa yang sudah terlanjur buruk atau tidak baik dalam prespektif ilmu sosial?

    Terimakasih🙏

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh. Izin bertanya
    Bagaimana cara guru mengembangkan metode pengajaran yang efektif dalam mata pelajaran IPS di sekolah dasar?

    Terima kasih🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum warahmatuahi wabarakatuh izin bertanya bagaiman jika suatu tujuan pendidikan itu tidak tercapau dengan baik dan apa yang menjadi penyebab tidak tercapai tujuan itu serta solusinya bagaimana?


    Terima kasih🙏

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan