Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Mengkaji Hakikat Pembelajaran Tematik!

Pada kesempatan ini saya akan mengulas materi "Hakikat Pembelajaran Tematik". Konsep ini dikenal sejak diterapkannya kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar. Pada saat uji coba awal kurikulum, tidak sekaligus semua sekolah dan kelas menerapkan namun diberlakukan secara bertahap.

Hadirnya kurikulum 2013 adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh para guru pada saat itu, siap atau tidak siap tetap menjalankan kebijakan kurikulum baru sebagai bentuk penyempurnaan kurikulum sebelumnya. KTSP dan KBK merupakan kurikulum yang disempurnakan dalam kurikulum 2013. Tidak ada kurikulum yang sempurna melainkan setiap kurikulum memiliki kelebihan dan kekurangan dari berbagai aspek dan sudut  pandang.

Kata dasar tematik adalah "tema" yang berarti sebuah gagasan/ide/topik/judul/pokok pikiran/isu. Terintegratif/terintegrasi artinya menyatu/melekat. Pembelajaran tematik yakni menyatukan beberapa topik/gagasan dalam sebuah tema dengan memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna kepada siswa.

Baca Juga: Konsep Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Contoh-contoh

Apakah yang Dimaksud Pembelajaran Tematik Terintegratif?

Pembelajaran tematik terintegratif berarti pembelajaran yang terintegrasi dalam bentuk tema-tema, pembelajaran yang berdasarkan tema, pembelajaran yang mengandung unsur tema, pembelajaran yang disusun dalam bentuk tema. Pengintegrasian tema sangat beragam. Ditinjau dari materi, disiplin ilmu, pengetahuan maupun keterampilan. Karakteristik utama pembelajaran tematik adalah penggunaan tema/topik sebagai pijakan pembelajaran. 

Pendekatan ini sesungguhnya mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia luar yang terus berkembang. Konsekuensinya adalah perlu pelatihan guru dan juga sekaligus persiapan menuju kurikulum yang memadai.

Kerangka pembelajaran tematik, berbagai tingkat integrasi interdisipliner dalam praktiknya mencakup keterkaitan antar konsep dan kombinasi mata pelajaran. Model integrasi ini merupakan bagian dari pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu terjadi ketika mengeskplorasi suatu topik dan dijadikan sebagai tema.

Lalu Apa Pentingnya Pembelajaran Tematik?
  1. Cenderung berorientasi pada keterlibatan siswa dan pembelajaran jadi bermakna
  2. Konsep belajar sambil melakukan sesuatu (Laerning by Doing)
  3. Memberi ruang bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan diri
Apa Keuntungan Pembelajaran Tematik?
  1. Memudahkan perhatian siswa jadi fokus karena pembelajaran disajikan utuh atau satu kesatuan
  2. Siswa memahami materi lebih berkesan dan mendalam sifatnya kontekstual maka siswa lebih antusias belajar
  3. Mengembangkan suatu kemampuan sekaligus mempelajari bidang pembelajaran lain
  4. Guru dapat menghemat waktu karena penyajian tema untuk semua bidang kajian terkait dipadukan. Lalu menggabungkan kompetensi dasar dan indikator serta materi pelajaran juga akan mengurangi tumpang tindih materi.
  5. Waktu yang cukup tersedia dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pengayaan, pemantapan/penguatan maupun remedial
  6. Keterampilan sosial lebih berkembang (komunikasi, kerja sama, sikap menghargai)
Apa Kelemahan Pembelajaran Tematik?
  1. Dari segi siswa. Siswa yang memiliki kemampuan akademik dan kreativitas rendah pembelajaran tematik tidak akan berjalan dengan optimal.
  2. Dari segi guru. Kemampuan mengeksplor dan menggali informasi terkait materi sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Termasuk membaca banyak buku referensi penunjang lainnya yang terkait.
  3. Dari segi penilaian. Pembelajaran dikemas dalam bentuk tema tetapi penilaian akhir terpisah dari setiap mata pelajaran
  4. Dari segi sumber belajar. Kondisi kelas perlu tersedia bahan bacaan yang cukup, variatif, relevan sehingga siswa terfasilitasi dalam mengembangkan pengetahuan dan wawasan yang dimiliki. Jika tidak, maka pembelajaran tematik cenderung terhambat.
Prinsip Dasar Pembelajaran Tematik?
#Penggalian Tema
Tema yang tumpang tindih dan ada relevansinya menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:
  • Tema jangan terlalu meluas, tetapi mudah untuk memadukan beragam mata pelajaran
  • Tema mencerminkan peristiwa autentik
  • Tema mempertimbangkan beragam ketersediaan sumber-sumber belajar
  • Tema sesuai usia perkembangan anak baik secara kognitif, sosial, dan psikologisnya
  • Tema memiliki makna/bermakna
#Pengelolaan Pembelajaran
Tugas guru sebagai fasilitator dan mediator. Pada prinsipnya harus berlaku sebagai berikut:
  • Guru jadi aktor utama
  • Menerima dan mengakomodasi ide-ide yang muncul dan tidak terfikirkan di awal perencanaan pembelajaran
  • Mengakomodir siswa secara merata dalam pembagian tugas baik individu maupun kelompok
#Evaluasi
Suatu pekerjaan dapat diketahui hasilnya maka dilakukan evaluasi. Beberapa tahap dalam melakukan evaluasi pembelajaran tematik:
  • Berikan kesempatan kepada siswa mengevaluasi diri
  • Guru mengevaluasi hasil capaian siswa berdasarkan acuan kriteria pencapain tujuan pembelajaran 
#Reaksi
Guru mesti mereaksi terhadap seluruh aktivitas siswa. Dengan hal ini kemungkinan seorang guru untuk menemukan upaya khusus atau trik/kiat-kiat yang dapat menunjang ketercapaian tujuan.

Kemudian, Apa Karakteristik Pembelajaran Tematik?
  1. Memberikan pengalaman langsung siswa
  2. Berpusat kepada siswa
  3. Pemisahan pembelajaran tidak nampak
  4. Konsep disajikan dari beberapa mata pelajaran
  5. Luwes atau fleksibel karena dikaitkan dengan kehidupan siswa dalam lingkungannya
  6. Mengadopsi prinsip pembelajaran aktif, kreatif, efektif, kreatif dan menyenangkan (PAKEM)
Aktif artinya secara fisik dan mental siswa mengemukakan penalaran, menemukan kaitan, mengkomunikasikan gagasan dan menerapkannya dalam sebuah pemecahan masalah. Kreatif artinya  siswa belajar secara runtut, sistematis dan berkesinambungan. Efektif artinya tujuan yang diharapkan tercapai. Menyenangkan artinya menarik dan membuat nyaman siswa sehingga terlihat asik belajar hingga percaya dirinya nampak.

Baca Juga: Penerapan teori Belajar Behavioristik di Sekolah Dasar 

Demikian ulasan terkait hakikat pembelajaran tematik terintegratif. Konsep yang dikembangkan masih banyak kekuranganya dan dikaji lebih mendalam. Untuk itu perlu disempurnakan lebih lanjut dengan menelaah beragam sumber bacaan yang mendukung konsep tersebut. Semoga bermanfaat. 

Terima kasih... 

44 comments for "Mari Mengkaji Hakikat Pembelajaran Tematik!"

  1. Bagaimana guru dapat mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam pembelajaran tematik? Apakah ada strategi khusus yang dapat digunakan oleh guru?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Pertanyaan saya yaitu pada kelemahan pembelajaran tematik dari segi siswanya bahsa siswa, nah jadi pertanyaan saya yaitu bagaimana cara seorang guru agar mampu mengatasi kelemahan tersebut sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal?

    ReplyDelete
  3. Seperti kita ketahui tematik integratif berasal dari kata dasar tematik adalah "tema" yang berarti sebuah gagasan/ide/topik/judul/pokok pikiran/isu. Terintegratif/terintegrasi artinya menyatu/melekat. Pembelajaran tematik yakni menyatukan beberapa topik/gagasan dalam sebuah tema dengan memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna kepada siswa.

    Pertanyaan saya adalah bagaimanakah bentuk contoh pengimplementasian tematik integratif pada pendidikan sekolah dasar pada kelas rendah dan tinggi? Serta apakah ada persamaan dan perbedaan pada pengimplementasiannya? Jelaskan!

    ReplyDelete
  4. Dalam pembelajaran disekolah dasar, lebih efektif mana pembelajaran dengan menggunakan pola jam pelajaran dengan pembelajaran tematik?

    ReplyDelete
  5. Mengapa karakteristik utama pembelajaran tematik itu menggunakan tema/topik sebagai pijakan pembelajaran?

    ReplyDelete
  6. Dari segi kelemahan pembelajaran tematik poin 1(Dari segi siswa). Apakah solusi dari siswa yang memiliki kemampuan akademik dan kreativitas rendah, apakah guru harus mengubah teknik pembelajaran atau siswa tersebut mendapat perlakuan khusus agar pembelajaran tematik di kelas berjalan efektif??

    ReplyDelete
  7. Apa saja yang perlu diperhatikan seorang guru dalam mengimplementasikan pembelajaran terintegratif di sekolah dasar?

    ReplyDelete
  8. Pertanyaan saya, pada prinsip dasar pembelajaran tematik, ada poin yang menerangkan bahwa tema mencerminkan peristiwa autentik, seperti apa peristiwa autentik tersebut saat diajarkan pada siswa sekolah dasar?
    Terima kasih😊

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Dalam prinsip dasar pembelajaran tematik, pada bagian "evaluasi" pada poin pertama yaitu "berikan kesempatan kepada siswa mengevaluasi diri". Jika guru mengevaluasi hasil capaian siswa berdasarkan acuan kriteria pencapain tujuan pembelajaran, bagaimana caranya siswa mengevaluasi diri dan apa langkah yang harus dilakukan oleh guru setelah siswa mengevaluasi diri?🙏
    Terimakasih. 🙏

    ReplyDelete
  11. Maksud dari menyatukan beberapa topik/ gagasan dalam sebuah tema ini termasuk dalam semua mata pelajaran atau hanya berfokus pada satu mata pelajaran tetapi digabungkan dalam satu tema atau malah sebaliknya?

    ReplyDelete
  12. Bagaimana seorang guru menentukan tema sesuai usia perkembangan anak baik secara kognitif, sosial dan psikologinya?

    ReplyDelete
  13. Dalam poin prinsip dasar pembelajaran topik evaluasi poin pertama yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengevaluasi
    anak SD biasanya masih kebingungan dengan apa yang akan dinilai dalam dirinya dan bagaimana dia menilai dirinya pertanyaan saya bagaimana peran guru dalam membantu siswa yang kebingungan dalam proses evaluasi dirinya sebagai proses dalam prinsip dasar pembelajaran tematik
    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Mengenai Evaluasi, Suatu pekerjaan dapat diketahui hasilnya maka dilakukan beberapa tahap dalam melakukan evaluasi pembelajaran tematik: Berikan kesempatan kepada siswa mengevaluasi diri nah yang ingin saya tnyakan bagimana siswa dapat mengevaluasi dirinya jelaskan.

    ReplyDelete
  15. Saya ingin bertanya tentang kelemahan pembelajaran tematik dari segi siswa, ditulis pada blog bahwa Siswa yang memiliki kemampuan akademik dan kreativitas rendah pembelajaran tematik tidak akan berjalan dengan optimal. Jadi pertanyaan saya apa yang harus dilakukan oleh guru untuk mengatasi kelemahan tersebut?

    ReplyDelete
  16. Pada kelemahan pembelajaran tematik dari segi siswa di katakan bahwasanya siswa yang memiliki kemampuan akademik dan kreativitas rendah, maka pembelajaran tematik tidak akan berjalan dengan optimal. Pertanyaan saya, bagaimana cara kita sebagai guru jika di dalam satu kelas terdapat siswa yang memiliki kemampuan akademik yang rendah dan tinggi, apakah kita akan tetap melakukan pembelajaran tematik atau tidak?

    ReplyDelete
  17. Bagaimana cara agar pembelajaran tematik integratif ini dapat dilaksanakan di sekolah daerah terpencil, sedangkan diketahui bahwa pembelajaran ini sangat membutuhkan kondisi kelas harus tersedia bahan bacaan yang cukup agar siswanya terfasilitasi dalam mengembangkan pengetahuan, dan diketahui juga penyebaran sumber bacaan saat ini bisa di bilang belum merata, masih ada sekolah yang belum berkecukupan bahan bacaan?

    ReplyDelete
  18. Dalam implemetasi pembelajaran tematik teritegrasi, dari segi penilaian pembelajaran dikemas dalam bentuk tema tetapi penilaian akhir terpisah dari setiap mata pelajaran.

    Bagaimana dengan penilaian selama proses pembelajaran baik melalui latihan maupun model evalusi lain pada kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk mengevaluasi diri, sementara salah satu karakteristik pembelajaran tematik yaitu pemisahan pembelajaran tidak nampak?

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum wr wb.
    Dalam pembelajaran temamatik memiliki kelemahan pembelajaran dari segi siswa, yaitu jika siswa yang memiliki akademik dan kreatifitas rendah pembelajaran tidak akan berjalan secara optimal. Siswa tersebut akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran, apakah ada upaya khusus atau trik yang dapat dilakukan guru agar siswa tersebut tidak ketinggalan dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

    ReplyDelete
  20. Bagaimana jika seorang guru dalam mengajar di SD tidak sesuai dengan karakteristik utama pembelajaran tematik?

    ReplyDelete
  21. Apakah pembelajaran Tematik ini sudah sangat efektif atau efisien di gunakan oleh seorang Guru untuk mengajar di dalam kelas?

    ReplyDelete
  22. Dalam pembelajaran tematik integratif terdapat berbagai jenis kelemahan yang diantaranya adalah kelemahan untuk peserta didik. Solusi Seperti apakah yang perlu kita lakukan sebagai calon guru nantinya untuk meminimalisir masalah yang akan dialami peserta didik?

    ReplyDelete
  23. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pembelajaran yang di kemas dengan berbagai macam tema yang berbeda dan unik sesuai dengan muatan mata pembelajaran dan dapat di padukan atau di integrasikan. pertanyaan saya yaitu, apakah hubungan antara pembelajaran tematik dengan pembelajaran terpadu sangat berkaitan, Jelaskan ?

    ReplyDelete
  24. Pembelajaran tematik memiliki karakteristik utama yaitu penggunaan tema/topik sebagai pijakan pembelajaran. Jadi dalam pembelajaran tematik apabila seorang guru yang melakukan pembelajaran tidak melakukan salah satu prinsip pembelajaran ini yaitu penggalian tema apa yang akan terjadi pada pembelajaran tersebut dan apakah ini akan mempengaruhi proses pembelajaran yang sedang berlangsung?

    ReplyDelete
  25. Bagaimana pembelajaran tematik dapat membantu pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada siswa?

    ReplyDelete
  26. Apakah yang harus dilakukan oleh seorang guru apabila dalam pembelajaran tematik yang dilakukan di sekolah terdapat siswa yang tidak cocok dengan penggunaan pembelajaran tematik sehingga mengakibatkan siswa tersebut tidak optimal dalam proses pembelajarannya?

    ReplyDelete
  27. Terkait dengan pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang menggabungkan beberapa unsur dan pelajaran, pertanyaannya apakah pembelajaran tematik bisa optimal saat diajarkan di sekolah?

    ReplyDelete
  28. Karakteristik utama pembelajaran tematik adalah penggunaan tema/topik sebagai pijakan pembelajaran.
    Pendekatan ini sesungguhnya mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia luar yang terus berkembang. Konsekuensinya adalah perlu pelatihan guru dan juga sekaligus persiapan menuju kurikulum yang memadai. Pertanyaan ( persiapan seperti apa siswa untuk menghadapi dunia luar yang terus berkembang dan pelatihan seperti apa guru dalam persiapan menuju kurikulum yang memadai ???

    ReplyDelete
  29. Bagaimana cara mengakomodir siswa yang sulit diatur secara merata dalam pembagian tugas baik individu maupun kelompok?

    ReplyDelete
  30. Mengadopsi pembelajaran PAKEM, apa yang dilakukan seorang guru untuk menentukan sebuah materi yang sesuai atau dapat dipadukan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pembelajaran PAKEM?

    ReplyDelete
  31. Pembelajaran Tematik Terintegratif adalah suatu konsep pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 pada jenjang SD. Dimana kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP dan KBK. Pembelajaran Tematik Terintegratif artinya penyatuan beberapa topik pembelajaran dalam sebuah tema.
    Pertanyaan saya:
    Bagaimana cara seorang guru dalam merancang kurikulum yang mendukung pendekatan pembelajaran tematik terintegratif?

    ReplyDelete
  32. Dalam pembelajaran tematik 1 tema memuat beberapa mata pelajaran yang terintegrasi. Penilaian pembelajaran tematik dilakukan secara terpisah tetapi pembelajaran dilakukan secara terpadu. Pertanyaan saya adalah bagaimana jika siswa dominan memiliki nilai yang rendah pada salah satu mata pelajaran?
    Bagaimana cara guru untuk mengatasinya?

    ReplyDelete
  33. Bagaimana cara agar pembelajaran tematik integratif ini tidak dapat dilaksanakan dengan baik , sedangkan diketahui bahwa pembelajaran ini sangat membutuhkan kondisi kelas harus tersedia bahan literasi yang cukup agar siswanya terfasilitasi dalam mengembangkan pengetahuan peserta didik dan diketahui juga penyebaran sumber saat ini bisa di bilang belum merata, masih ada sekolah yang belum kebagian bahan literasi?

    ReplyDelete
  34. Hal apa yang harus di perhatikan seorang guru saat memilih sumber belajar yang sesuai dengan pembelajaran tematik dan karakteristik siswa

    ReplyDelete
  35. Dalam pembelajaran tematik tantangan seperti apa yang yang di hadapi oleh seorang guru dalam mengitegrasikan pembelajaran tematik?

    ReplyDelete
  36. Dalam pembelajaran tematik terintegratif jika dipadukan, apakah proses pembelajaran akan terjadi secara efektif,jika tidak bagaimana guru mengatasinya?

    ReplyDelete
  37. Seperti yang kita ketahui dalam pembelajaran tematik itu terdapat tema. Nah untuk memaksimalkan pembelajaran tentunya harus seimbang antara pelajaran satu dengan yang lain. Bagaimana caranya kita sebagai calon pendidik atau guru bisa menyeimbangkan mata pelajaran satu dengan yang lain dan bagaimana agar anak tetap bisa paham dan fokus antara pelajaran satu dengan yang lain?

    ReplyDelete
  38. Misalnya ada guru yg akan mengajar kemudian guru tersebut mengambil beberapa tema tetapi tidak mengetahui bagaimana memadukan tema tema tersebut. Jadi, apa yg harus dilakukan guru itu agar dapat memadupadankan tema tema yang sudah dia ambil?

    ReplyDelete
  39. Bagaimana konsep dasar pembelajaran tematik terintegratif dalam kurikulum merdeka yang masi diuji coba sekarang? Apaka konsep atau hakikat pembelajaran tematik terintegratifnya berbeda dengan kurikulum 2013?

    ReplyDelete
  40. assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Pertanyaan saya yaitu jika siswa mempunyai kemampuan akademik tinggi lalu kemampuan kreativitas rendah apakah masih berjalan tidak optimal?

    ReplyDelete
  41. Pada point' pengelolaan Pembelajaran.Mengenai menerima dan mengakomodasi ide-ide yang muncul dan tidak terfikirkan di awal perencanaan pembelajaran.

    pertanyaan saya yaitu,
    Bagaimana Tenaga pendidik dalam mencari mengembangkan dan menggali ide-ide yang muncul dan tidak terfikirkan tersebut diawal pembelajaran dalam pembelajaran Tematik ?

    ReplyDelete
  42. Dalam pembelajaran tematik, apakah pembelajaran tematik sudah maksimal dalam pelaksanaannya?

    ReplyDelete
  43. Apa yang Harus di lakukan oleh seorang guru dalam menggali informasi agar terkait dengan materi yang menentukan keberhasilan belajar siswa

    ReplyDelete
  44. Mengapa pembelajaran tematik sangat berpengaruh untuk perkembangan pembelajaran siswa

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan