Cara Mudah Download dan Install Mendeley Versi Terbaru

Kali ini saya coba berbagi pengalaman tentang Cara Mudah Download Mendeley Versi Terbaru. Saya mengatakan versi terbaru sebab ketika mencoba download Mendeley kita diarahkan pada Mendeley versi terbaru antara lain 1.19.2, 1,19.3 atau 1.19.4. Dan suatu saat akan selalu ada versi baru. Artikel ini diperuntukkan bagi seseorang yang baru mengenal Mendeley.

Medeley sangat dibutuhkan ketika menyusun karya ilmiah baik Skripsi, Tesis maupun Disertasi. Penggunaan yang dimaksud dalam hal mensitasi dan membuat daftar pustaka. Namun tergantung dari aturan masing-masing Kampus apakah menerapkan penggunaan perangkat lunak Mendeley atau tidak.

Mendeley dikembangkan oleh Elsevier. Mendeley merupakan perangkat lunak atau salah satu program komputer yang mengolah kumpulan berbagai data-data ilmiah yang tersimpan secara sistematis pada komputer/leptop baik berupa jurnal, e-book dan berbagai referensi lainnya. 

Sederhananya dapat dikatakan bahwa Mendeley difungsikan sebagai perpustakaan pribadi untuk membantu memudahkan kita membuat sitasi/kutipan dan daftar pustaka ketika menyusun karya ilmiah. 

Disamping itu juga, mengurangi tingkat kesalahan kita dalam mensitasi dan membuat daftar pustaka. Artinya tidak perlu cape-cape menuliskan kutipan dan daftar pustaka setiap sumber rujukan. Data yang sudah kita masukan dalam Mendeley akan menjadi Data Base Mendeley yang akan mengolah sitasi dan daftar pustaka secara otomatis. Kemudian dapat pula dimanfaatkan hanya untuk menyimpan data-data ilmiah yang sewaktu-waktu kita gunakan sebagai referensi menulis artikel atau buku.

Saya tidak membahas fungsi lain dari mendeley ini, sebab saya tidak mempelajari lebih detail. Untuk saat ini hanya sebatas tuntutan menyelesaikan karya ilmiah. Tidak menutup kemungkinan saya akan mencoba mempelajari di masa yang akan datang. Ini sangat penting bagi yang bergelut dalam dunia akademis.

Lantas bagaimana memperoleh Mendeley? Kita bisa mendownload secara gratis alias tanpa dipungut biaya. Yang dibutuhkan hanya menyediakan sebuah email dan paket data untuk persiapan mendownload. 

Lalu Bagaimana Cara Mudah Download Mendeley Versi Terbaru?

(1) Login www.mendeley.com > klik Sign in 


(2) Masukan Email > klik Continue
(3)  Isi kolom “Give Name” dan “Family Name” > masukan Password > klik Register 


(4) Klik Continue to Mendeley 


(5) Kembali kita Klik Continue to Mendeley 


(6) Klik Get Reference Menager


(7) Lalu unduhan aplikasi mendeley akan berproses > silahkan ditunggu sampai selesai.

Jika semua proses di atas telah dilakukan maka tahap download telah selesai. Untuk melihat aplikasi itu silahkan buka di file download pada leptop atau komputer. Sampai pada tahap ini kita belum bisa menggunakan Mendeley. Namun langkah selanjutnya masih perlu menginstall terlebih dahulu.

Nah, Bagaimana Cara Menginstalnya? Coba Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

(1) Klik dua kali pada file Mendeley yang sudah terdownload > tampilan baru > Klik Yes


Ini Contoh Tampilan Install awal Mendeley Deskstop Versi 1.16
Seharusnya Tertulis Versi 1.19 Keatas (hanya sebagai contoh yaa)
(2) Klik Next (Selanjutnya)


(2) Klik I Agree (Saya Setuju) atas Prinsip Mendeley


(3) Klik Next (Selanjutnya)


(4) Klik Install > tunggu sampai selesai dan muncul tampilan baru


(5) Klik Finish (Selesai)


Setelah melakukan dua tahapan di atas yakni mendownload dan menginstal Mendeley maka kita sudah berhasil mendapatkan Mendeley dan bisa menggunakannya sesuai keperluan. Entah hanya dijadikan sebagai tempat mengumpulkan koleksi bacaan pribadi atau memang menjadi tuntutan penulisan karya ilmiah yang diwajibkan menggunakan perangkat lunak Mendeley.

Beginilah tampilan perangkat lunak Mendeley jika kita membukanya


Ini hanya sebagai contoh. Untuk tampilan awal, pada kolom kedua akan kosong. Kebetulan sudah terisi dengan data-data berupa artikel jurnal dan sudah ada folder-folder yang saya buat.  Pada intinya jika kita mengklik perangkat lunak Mendeley yang sudah diinstall dan terbuka seperti di atas maka kita tinggal memasukan data-data yang kita perlukan.

Demikian Cara Mudah Download Mendeley Versi Terbaru....saya yakin orang baru mengenal istilah Mendeley seperti saya pasti bisa...kita mencoba belajar...jangan takut salah....dari pada bingung nyari-nyari teman yang siap membantu belum tentu kita bisa paham lebih cepat.

Menurut saya belajar otodidak bermodalkan google insyaAllah bisa. Saya asumsikan google itu adalah salah satu teman dekat yang bisa membantu kita dalam keadaan mendesak ataupun tidak. Terkecuali sudah mentok barulah berpikir mencari alternatif lain...Semoga bermanfaat.

Terimakasih...

0 Response to "Cara Mudah Download dan Install Mendeley Versi Terbaru"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel