Cara Cepat Mengganti blogspot.com Menjadi .com Bagi Pemula


Kali ini saya kembali berbagi pengalaman mengganti/custom/setting domain blogspot.com menjadi .com (dot com). Mohon sekiranya penjelasan awal untuk dibaca terlebih dahulu agar saat proses mengganti tidak mengalami kesulitan seperti saya pertama kali mencoba. Ini hanya diperuntukan bagi pemula.

Blogspot.com berupa domain/nama domain versi gratisan, yang diperoleh saat membuat blog melalui blogger.com. Sedangkam .com adalah nama domain yang kita peroleh dengan cara membelinya pada penyedia domain yang berbayar.

Misalnya saya akan membuat blog lewat blogger.com, saya ingin menamainya “dinelyy”, maka hasil final nama blog saya adalah dinelyy.blogspot.com. Blogspot.com inilah nama domain versi gratisan.
Ketika kita sudah memiliki blog gratisan maka sudah bisa mulai mengelola konten blog sesuai dengan profesi atau keahlian maupun berdasarkan pengalaman kita masing-masing.

Namun persaingan di mesin pencari google (search engine google), membuat banyak orang-orang ingin mengganti blog gratisan (hosted) tersebut dengan blog non gratis (non hosted). Yang mana disebut blog non gratis? Blog yang kita rubah dengan menggunakan domain berbayar. Domain yang kita pesan khusus disebut domain versi non gratisan.  

Domain yang dibeli khusus sering disebut domain TLD (Top Level Domain). Saya asumsikan domain berkategori baik...bukan berarti yang gratisan tidak baik tapi sudah jelas akan berbeda dimata google...

Apakah wajib mengganti nama domain? Jawabannya “Tidak Wajib”....Hanya saja jika kita ingin artikel yang diposting bisa bersaing di mesin pencari google, tentu orang memilih domain TLD, karena domain ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi blog bisa bersaing di mesin pencari google.

Untuk itu saya membeli domain di rumahweb.com.....Alhasil saya membaca berbagai artikel banyak yang merekomendasikan ke situ. Artinya rumahweb.com terpercaya. Jangan ragu merasa ketipu atau gagal. 


Lalu Apa itu Definisi Domain?

Saya asumsikan sesuai pemahaman pribadi bahwa domain atau nama domain adalah nama khusus yang ditempelkan pada ujung nama blog kita sebagai tanda pengenal situs blog/website agar lebih mudah diidentifikasi oleh server komputer/internet ketika ada pengunjung/pengguna internet ke situs blog kita di jaringan komputer/internet. 
Defenisi singkat sekaligus sebagai fungsi dari domain/nama domain merupakan alamat pengenal yang memudahkan pengunjung/pengguna di internet mengunjungi situs blog kita di jaringan internet. 
Contoh domain/nama domain antara lain (.com) (co.id) (.net) (ac.id) (my.id) (.org) (web.id) dan masih banyak yang lainnya. Pilih salah satu sesuai keinginan. Informasi dari berbagai artikel menyarankan domain tersebut karena nama domain yang tergolong sudah familiar di kalangan masyarakat seperti kita di Indonesia. Tapi sah sah saja jika menggunakan domain lainnya. Ini sekedar dari apa yang saya pahami.

Selanjutnya Bagaimana Cara Membeli Domain?

Ingat sebelum membeli, pertama pilih nama domain > kedua pikirkan ingin memberi nama seperti nama pada blog gratisan atau merubah nama, itu boleh saja.
Tips memilih nama domain sesuaikan dengan keuangan. Harga domain beragam. Saat memesan akan tertera harganya. Saya memilih .com harga Rp. 125.000 plus administrasi Rp. 12.500. Ini berlaku untuk setahun. Jika ingin blog terus aktif setelah penggunaan setahun, maka perlu diperpanjang/tahunnya. Jika tidak, maka blog kita tidak akan aktif.
Kemudian awalnya saya bertanya dalam hati. Domain yang dibeli dalam bentuk apa hingga bisa kita pasang di blog miliki sendiri? Ternyata sejenis file dokumen yang tersimpan dirumah web dengan nama sesuai yang kita pesan. 
Contoh saya gunakan nama domain .com > nama blog dinelyku (nama ini saya ganti tidak sama dengan nama blog gratisan) > maka saya ketik dinelyku.com di kolom pemesanan domain > jika tersedia langsung pesan > jika tidak tersedia maka pikirkan nama lainnya yang disukai dan kemungkinan tersedia
Caranya beli domain ketik rumahweb.com > klik Domain > klik Beli/Transfer Domain > silahkan ikuti petunjuk selanjutnya (saya tidak bisa mengarahkan detail karena saat membelinya tidak mendokumentasikan, maklum baru nyoba tidak terfikirkan, tapi jangan khawatir pasti bisa). Silahkan kunjungi rumahweb.com > Setelah berhasil akan muncul nominal yang dibayar, rekening tujuan dan konfirmasi pembayaran.
Baca Juga: Cara Mudah Daftar Webmaster Tools, Peta Situs dan Fetch as Google 2018

Kemudian Bagaimana Cara Mengganti blogspot.com Menjadi .com?

Setelah berhasil membeli domain, maka domain kita sudah terdaftar sah di rumahweb.com tinggal kita mengambilnya. Untuk proses mengambilnya inilah yang dimaksud dengan mengganti atau disebut custom domain/setting domain blogspot.com menjadi .com

Berikut langkah-langkah mengganti blogspot.com menjadi .com (seperti saya mengganti dinelyy.blogspot.com menjadi dinelyku.com)


Pertama

Login Blog > klik Menu Setelan > klik Dasar > klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk Blog Anda" (posisinya ada di bawah alamat blog)

Kedua

Ketik nama domain di kolom yang tersedia (contoh nama domain blog saya dinelyku.com tapi harus ditambah dengan www di depan nama blog. Sehingga pengisian menjadi www.dinelyku.com) sesuaikan saja yaa > klik simpan > muncul tampilan baru > perhatikan ada dua baris kode yang tersedia > ingat kode itu akan kita copy dan pasang di langkah berikutnya (saat pengisian DNS Domain) > biarkan tampilan terbuka > ingat jangan klik simpan > dan jangan hiraukan tulisan warna merah berisi peringatan kesalahan karena itu tidak ada pengaruhnya sama sekali.
Catatan kedua kode, tampilannya seperti berpasangan yaitu 
1. www                  ghs.google.com
2. Jcu5hmh52pqi         gv.4mrdcqeojm3bsz.dv.googlehosted.com

(Ingat nanti jika kode ini dibutuhkan pada langkah 5 & 6 sebaiknya copy langsung pada tampilan aslinya yaa jangan diketik)

Ketiga

Buka tab baru untuk login rumahweb atau silahkan kunjungi langsung https://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php > klik login > masukan alamat email yang digunakan saat membeli domain > masukan password > klik login > klik domain > klik list domain saya > klik kelola domain (posisi kliknya disamping tulisan active) > muncul tampilan baru

Keempat

Klik Mengelola DNS (Managed DNS) > muncul tampilan baru > klik start > jika muncul lagi tulisan strat, maka klik saja tidak usah ragu > muncul tampilan baru > klik update > jika muncul lagi tulisan update, klik saja > klik Edd New Record > muncul tampilan baru mengelola DNS

Kelima

Isi kolom yang tersedia secara berurutan!
  • Domain: pastekan kode pertama dilangkah 2 (www)
  • TTL: jangan rubah (14400)
  • Record Type: pilih CNAME (caranya tinggal klik tanda segitiga)
  • Hostname: pastekan kode pertama di langkah 2 (ghs.google.com) > klik Add Record 

Keenam

Masih perlu mengisi kode kedua yang dicopy dari langkah 2. Caranya sama langkah 5.
Isi kolom yang tersedia secara berurutan!
  • Domain: pastekan kode kedua dilangkah 2 (Jcu5hmh52pqi)
  • TTL: jangan rubah (14400)
  • Record Type: pilih CNAME (caranya tinggal klik tanda segitiga)
  • Hostname: pastekan kode kedua dilangkah 2 (gv.4mrdcqeojm3bsz.dv.googlehosted.com) > klik Add Record

Ketujuh

Jangan kaget akan muncul tampilan yang sama dengan langkah 5 & 6. Ini saya katakan wajib diisi juga agar blog kita nanti bisa diakses tanpa menggunakan www......

Silahkan ikuti petunjuk berikut ini!
Isi kolom yang tersedia secara berurutan!
  • Domain: biarkan tampilan kosong
  • TTL: jangan rubah (14400)
  • Record Type: pilih A (caranya tinggal klik tanda segitiga)
  • Hostname: masukan angka ini yaa 216.239.32.21 > klik Add Record

Kedelapan

Isi kolom yang tersedia secara berurutan!
  • Domain: biarkan tampilan kosong
  • TTL: jangan rubah (14400)
  • Record Type: pilih A (caranya tinggal klik tanda segitiga)
  • Hostname: masukan angka ini yaa 216.239.34.21 > klik Add Record

Kesembilan

Isi kolom yang tersedia secara berurutan!
  • Domain: biarkan tampilan kosong
  • TTL: jangan rubah (14400)
  • Record Type: pilih A (caranya tinggal klik tanda segitiga)
  • Hostname: masukan angka ini yaa 216.239.36.21 > klik Add Record

Kesepuluh

Isi kolom yang tersedia secara berurutan!
  • Domain: biarkan tampilan kosong
  • TTL: jangan rubah (14400)
  • Record Type: pilih A (caranya tinggal klik tanda segitiga)
  • Hostname: masukan angka ini yaa 216.239.38.21 > klik Add Record

(Catatan empat kode yang diisi pada langkah 7 sampai 10 saya baca artikel mastimon.com lebih memudahkan dan sangat membantu. Termasuk tutorial di youtobe, saya banyak belajar. Salah satu wujud trimakasih saya atas ilmu yang dibagikan hanya bisa melakukan subscribe chanel youtobe Beliau dan mampir baca berbagai artikelnya karena keduanya sangat menginspirasi)

Kesebelas

Kembali lihat langkah 2 > klik simpan > muncul tampilan Setelan Dasar blog berubah > Selesai 
Tampilan Setelah Mengganti blogspot.com Menjadi .com
Demikianlah cara saya mengganti blogspot.com menjadi .com....Intinya kita berusaha mengisi dengan teliti dan ikuti petunjuk dengan baik. Jika ada tampilan berbeda itu hal wajar, kita tinggal ikuti petunjuknya.

Mungkin deskripsi di atas masih dianggap kurang dari segi dokumen konkret sebagai pendukung petunjuk karena diawal saya coba, tidak terpikirkan untuk mendokumentasikan. Namun saya tetap membuat catatan langsung perlangkahnya. Silahkan mulai mencoba, yakin saja pasti bisa...


Semoga bermanfaat bagi teman-teman pemula.....
Terimakasih...


0 Response to "Cara Cepat Mengganti blogspot.com Menjadi .com Bagi Pemula"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel