Cara Mudah Daftar Webmaster Tools, Peta Situs dan Fetch as Google 2018

Kali ini saya coba berbagi pengalaman mendaftar google webmaster tools, peta situs dan melakukan Fetch as Google 2018. Sebelum masuk langkah-langkahnya saya memberikan penjelasan singkat mengenai Google Webmaster Tools, Peta Situs dan Fetch as Goolge.

Apa Itu Google Webmaster Tools?

Google Webmaster Tools, saya asumsikan sama dengan Google Search Console sebab saat mendaftar ke Google Webmaster Tools kita diarahkan ke Google Search Console. Google Webmaster Tools adalah fitur atau sebuah alat yang disediakan google secara gratis untuk membantu mengecek perkembangan atau segala aktivitas blog kita. Di dalam Google Webmaster Tools, apa saja yang bisa kita cek? Peta situs blog, media melakukan Fetch as Google dan lain sebagainya. Saya hanya memaparkan apa yang sudah saya fungsikan saat ini sebagai pemula.  
Secara umum Google Webmaster Tools, difungsikan sebagai fitur pengatur SEO blog (Search Engine Google). Karena merupakan fitur pengatur SEO blog, maka blog kita akan diendeks atau terindeks dengan baik oleh mesin pencari/google. Olehnya itu penting kita mendaftarkan blog kita ke Google Webmaster Tools. 
Jika tidak mendaftarkan blog kita bagaimana hasilnya? Jawabnya simple saja bahwa blog kita tidak masuk di mesin pencari google. Sehingga artikel yang sudah kita tuliskan di blog tidak akan pernah di temukan maupun dibaca oleh orang lain melalui mesin pencari google.

Artikel kita bisa saja dibaca orang lain, tapi tidak otomatis melalui mesin pencari google, namun mereka harus mengetahui nama blog kita terlebih dulu. Ini mungkin bisa dilakukan oleh orang-arang terdekat kita dengan promosi blog. Misalnya meminta bantuan teman-teman  atau keluarga terdekat untuk mengunjungi blog kita. 

Karena tujuan kita membuat artikel bisa di baca oleh publik maka daftarkan segera blog anda ke Google Webmaster Tools. 

Lalu Apa itu Peta Situs?

Peta Situs atau biasa disebut Sitemap merupakan daftar isi dari situs blog yang kita miliki berupa file XML (eXtensible Markup Language). Arti XML itu semacam bahasa markup atau mirip dengan HTML. Contoh XML yakni (sitemap.xml) (feeds/posts/default?orderby=updated) dan (atom.xml) kode inilah yang akan dimasukan saat daftar Peta Situs).... 
Saya mengutip kode ini dari blog ternama mastimon.com. Sebenarnya tanpa mengutip kode, sudah tersedia hanya saya masih bingung jika melalui cara lain.Jjika ingin baca silahkan kunjungi: Cara daftar atau Submit Sitemap Blog (Peta Situs) ke Google Webmasters Tools...
Peta Situs ini berfungsi untuk menyimpan URL konten data-data postingan kita, kemudian mengantarkan/membawa postingan kita ke mesin pencari google. Lalu kita bisa melihat seberapa banyak URL konten postingan yang kita kirimkan ke google untuk di indeks dan berapa yang sudah terindeks.

Kemudian Apa itu Fetch as Google?

Fetch as Google yang berarti ambil sebagai google. Dalam hal ini kita mengambil URL postingan kita untuk dibawa ke mesin pencari google. Tujuannya agar artikel/postingan yang baru kita publikasikan langsung terdaftar di mesin pencari (Search Engine) dengan cepat. Tidak perlu menunggu berjam-jam artikel kita diindeks oleh google. Hanya butuh waktu beberapa menit. Kita dapat melakukan Fetch as Google ini melalui Gool Webmaster Tools.

Lalu Apa Hubugannya Google Webmaster Tools, Peta Situs dan Fetch as Google?

Bahasa sederhanya bahwa Google Webmaster Tools media agar blog kita terdaftar di google. Lalu Peta Situs membantu menyimpan dan mengantar URL konten data-data kita ke google. Sedangkan Fetch as Google membantu agar artikel kita terbaca/terindeks cepat di google. 
Artinya meskipun blog kita terdaftar di google jika tidak mengirimkan peta situs maka semua artikel kita tidak terbaca google. Tapi kalau kita daftar peta situs maka semua artikel kita akan dibaca google. Seberapa lama menungu agar google bisa membacanya? Mungkin pengaruh artikel saya belum banyak masih di bawah seratus artikel, maka  pengalaman saya hanya menunggu 2 sampai 3 jam untuk terbaca google. Saat itu saya belum kenal namanya Fetch as Google. Jika artikelnya sudah di atas seratus butuh waktu 24 jam untuk di baca/diindeks google. Karena kita ingin setiap artikel yang baru saja kita publikasikan langsung dibaca/diindeks google saat itu juga, maka selesai publikasi wajib melakukan Fetch as Google. Hanya menunggu sekitar 2 menit sudah muncul di google.
Sehingga ketiga komponen ini merupakan satu rangkaian berkesinambungan dan saling terkait satu sama lain.

Kita Beralih Bagaimana Langkah-langkah Mendaftar Webmaster Tools dan Peta Situs?

Pertama

Pastikan Blog kita sudah menerbitkan artikel meskipun hanya satu postingan. Karena bila belum maka akan berpengaruh pada saat mengirimkan peta situs. 

Kedua

Buka Beranda Google > ketik Webmaster Tools > klik Google Search Console (posisi link paling atas) > klik Mulai Sekarang > Muncul Tampilan Kotak Berwarna Hijau Putih > Masukan URL Blog Kita (Contoh URL Blog Saya https://www.dinelyku.com/) > klik Tambahkan Properti > klik Peta Situs > tunggu tampilan terbuka
Jangan Lupa Klik Peta Situs


Ketiga

Masukan Kode Peta Situs pertama, copy saja kode ini (sitemap.xml) > klik kirim
Pastekan Kode Peta Situs Pertama

Keempat

Masukan Kode Peta Situs kedua, copy saja kode ini (feeds/posts/default?orderby=updated) > klik kirim
Pastekan Kode Peta Situs Kedua


Kelima

Masukan Kode Peta Situs ketiga, copy saja kode ini (atom.xml) > klik kirim 
Pastekan Kode Peta Situs Ketiga
Setelah langkah 5 selesai maka kita sudah berhasil mendaftar Google Webmaster Tools dan Peta Situsnya. Kira-kira seperti tampilan di bawah ini...
Tampilan  Peta Situs 
Jangan heran jika jumlah URL konten postingan kita yang terkirim dan terindeks tidak sama. Itu hal biasa yang sifatnya umum. Kadang juga akan keindeks semua. Real dari pengalaman blog saya.

Kemudian Untuk Melakukan Fetch as Google, Gimana Langkah-langkahnya?

Pertama

Buka Beranda Google > ketik Google Console > klik Mulai Sekarang (akan muncul tampilan seperti pada langkah kedua di atas) > klik Buka Versi Lama (posisi bagian bawah pojok kiri) > akan muncul tampilan seperti pada langkah kelima di atas.

Kedua

Selanjutnya klik Perayapan > klik Fetch as Google > muncul tampilan baru > masukan URL postingan terbaru (cara copy URL tinggal buka postingan pada tab baru yang akan di copy URLnya dan copy saja mulai dari tahun lihat contoh misalnya https://www.dinelyku.com/2018/12/tradisi-masyarakat-muna.html) > klik ambil > klik minta pengideksan (posisinya di samping tanggal pengindeksan)
Perhatikan Saat Memasukan URL
Dan ingat bila kita mengambil URL postingan saat melakukan Fetch as Goolge, jangan gunakan URL Label..karena itu tidak bisa di indeks google. Pasti hasilnya tertulis diblokir robot txt. Artinya Robot txt blog kita tidak menerima pencarian dengan URL /search/label....atau URL /https........Contohnya seperti di bawah ini!
Begini Tampilan Jika Menggunakan URL Label
URL Warna Biru Berhasil di Indeks
Ada 3 URL Warna Hitam yang dibaca Penguji robot txt Sehingga Diblok
URL Bagian Bawah Tidak Ditemukan  karena saya masukkan dengan tulisan https://www.dinelyku.com/

Ketiga

Setelah langkah kedua akan muncul tampilan baru > klik kotak Captcha (akan muncul tanda centang hijau) > klik "Rayapi URL ini saja" > klik kirim 
https://www.dinelyku.com/

Keempat

Buka beranda google > ketik Site:URL lengkap dari postingan terbaru kita > klik pencarian > jika postingan kita sudah muncul bagian bawah beranda google berarti artikel sudah terindeks di google > dan selesai sudah proses Fetch as Google
Biasanya yang saya ketahui jika sudah keindeks maka URL tersebut tertulis “URL sudah dikirimkan ke indeks”

Untuk pengalaman di blog saya meskipun sudah berhasil melakukan tahapan Fetch as Google tapi tetap saja tulisannya “Pengindeksan Diminta”. Tapi ketika saya cek postingan diberanda google dengan cara di atas atau langsung ketikan judul postingan.......hasilnya sudah terindeks google....

Dengan adanya hal ini jangan merasa tidak berhasil...Menurut saya jangan pesulit diri..yang penting sudah terbaca oleh google...Google itu mesin...bisa saja berbeda atau masih proses...

Itulah proses daftar Google Webmaster Tools, Peta Situs dan Fetch as Google....Oh yaa kita juga perlu langsung mencoba mengecek postingan yang sudah Fetch as Google, apakah berada di page one google atau tidak dan berada diurutan keberapa.

Kalau Kita Ingin Tau Postingan Itu Ada di Page One Google atau Tidak, Berikut Langkah-langkahnya?! 

Cek saja di beranda google > masukan URL postingan terbaru atau langsung ketikan judul > tekan tombol enter > tunggu hasilnya. Jika tidak muncul di page one berarti ada di halaman berikutnya, silahkan cek.
Bahkan pengalaman saya pribadi ada postingan yang berada di page one google dan ada juga yang di halaman berikutnya....


Ada di halaman page one atau tidak,  yang pasti baru mencoba sudah berhasil bersyukur benget. Tidak ada yang instan. Semua butuh waktu.

Padahal saya menulis artikelpun tanpa menggunakan riset keyword/riset kata kunci. Yang kata orang-orang merupakan salah satu faktor penetu postingan kita berada di page one google.

Intinya saya tulis saja yang ada dibenak saya. Gimana enaknya dibaca. Asalkan judulnya jangan terlalu pendek atau jangan juga kepanjangan. Kita bisa taksirkan sendiri. Banyak artikel yang bisa kita lihat bagaimana mereka membuat judul postingan...

Yang penting kita mencoba berbuat dulu...perlahan-lahan sambil kita belajar.....tidak menutup kemungkinan saya juga gunakan riset keyword...


Sebenarnya bisa saja langsung saya gunakan, tapi tulisan saya gak bakal kelar dalam sehari. Karena saya blogger pemula makin bingung bukan karna tidak paham kata kuncinya tapi saking banyaknya kata kunci yang kita temukan, jadi butuh waktu lama lagi memproses atau merangkai judul dari kata kuci tersebut...

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi teman-teman.
Terimakasih...

4 Responses to "Cara Mudah Daftar Webmaster Tools, Peta Situs dan Fetch as Google 2018"

  1. Mau tanya, kenapa waktu saya kirim atom.xml, tidak muncul dibawahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya muncul. Apalagi sudah tahap memasukan kode peta situs terakhir..Menurut saya coba dicek sinyal/wifi, karena kalau sinyal lemot juga ikut berpengaruh. Dan memang peta situs butuh respon waktu yang tinggi. Lalu bisa coba refresh halaman setelah pengiriman. Kalaupun tidak muncul lagi..dibiarkan saja dulu nanti dicek kembali, yang penting sudah kirim.

      Sebenarnya ditambahkan satu kode peta situs sudah cukup...hanya untuk lebih meyakinkan diri..sebab blog lain juga menggunakan ketiga kode itu. Sedikit banyaknya mungkin ada pengaruhnya..cuman sayapun belum paham dimana letak perbedaannya.

      Sesuai dengan fungsinya bahwa peta situs menyimpan URL konten data-data postingan, lalu mengantar postingan ke mesin pencari google. Jadi hanya membantu untuk menuju proses pengindeksan oleh google.

      Dan kalau ingin semua kode peta situs dimasukan, boleh ditambahkan kok..tinggal klik tombol "Tambahkan/Uji Peta Situs" pada layar Peta Situs dan klik "kirim" jangan klik "Uji" karena kita hanya menambahkan.

      semoga bisa dipahami dan terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
    2. Sudah bisa. Ternyata harus diubah ke versi lama dulu ya. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

      Delete
    3. Oh iya benar karena saya menggunakan versi lama...
      Baik sama-sama..
      Terimakasih kembali sudah berkunjung.

      Delete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel