Memahami Menu-menu di Blog dengan Mudah Bagi Pemula


Saya kembali berbagi pengalaman dalam memahami menu-menu di blog. Menu yang tersedia harus kita benar-benar pahami sehingga memudahkan kita ketika mulai menulis hingga mempublikasikan artikel.

Apa Arti Menu dan Seperti Apa Contohnya?

Menu disini bukan menu makanan yaa...tapi menu dalam konteks tombol-tombol berupa gambar yang masing-masing memiliki fungsi dalam pengelolaan blog.
Ketika login blog akan tampil semua menu, posisinya terletak di sebelah kiri. Menu tersebut adalah Postingan, Statistik, Komentar, Halaman, Tata Letak, Tema, Setelan. Ini semua merupakan menu inti dan wajib kita ketahui. Ada menu daftar Bacaan dan Bantuan tapi tidak begitu penting, jadi saya tidak bahas itu.
Jika kita setting blog menggunakan bahasa Inggris akan ada tambahan yaitu menu Penghasilan (Earning) tepat berada di bawah menu Statistik yakni menu yang menampilkan jumlah penghasilan dari blog. Tapi ini didapatkan ketika kita berhasil mendaftarkan blog ke Google Adsense.
Menu-Menu  Blog Bisa Dilihat Pada Posisi Tampilan Sebelah Kiri 

Berikut Simak Penjelasan Setiap Menu Agar Memudahkan dalam Mengelola Blog Kita!


# Postingan

Menu yang menampilkan semua artikel yang kita publikasikan disertai jumlah penayangan dan tanggal publikasi. 

# Statistik (Menu statistik terbagi lagi)

Statistik Ikhtisar yakni menampilkan jumlah penayangan postingan dan sumber lalu lintas atau sumber url penayangan postingan. Sekilas hanya sebatas ringkasan statistik secara umum. 
Statistik Postingan yakni menampilkan jumlah penayangan Postingan dan Halaman. Penayangan Halaman yang dimaksud seperti About, Contact, Daftar Isi dan lain-lain. Atau penanyangan postingan/informasi yang kita buat di Menu Halaman. 
Statistik Sumber Lalu Lintas yakni menampilkan jumlah penayangan URL perujuk, situs perujuk dan kata kunci perujuk. 
Statistik Pemirsa yakni menampilkan jumlah penayangan menurut negara, browser dan sistem operasinya.

# Komentar

Menu yang menampilkan seluruh komentar yang masuk di blog kita masing-masing

# Halaman

Menu yang menjadi tempat untuk membuat halaman statis seperti Tetang Saya (About), Kontak (Contact), Privacy Policy, Disclaimer, Daftar Isi dan sejumlah postingan lainnya yang ingin kita tampilkan. 
Seperti blog dinelyku.com juga memasukan tips di halaman statis (posisi tepat di menu header) 


# Tata Letak

Menu yang menjadi tempat mengedit berbagai widget, agar tampilan blog menjadi lebih menarik sesuai yang diinginkan. Misalnya menambahkan widget Histats/Situs Perekam Jejak Pengunjung, Artikel Terbaru, Arsip Blog, Label, Postingan Populer, Profil dan lain-lain, termasuk jika kita ingin menghapus widget.


# Tema atau Template

Menu yang menampilkan berbagai tema bawaan blog (tema gratisan) yang bisa kita terapkan di blog kita sesuai keinginan. Jika kita menggunakan template premiun yang dibeli khusus maka menu ini sekaligus menjadi tempat mengedit/menambah/menghapus menu, sub menu dan lain-lain.

# Setelan

Menu yang menjadi tempat mengatur blog kita secara keseluruhan. Mulai pengaturan judul blog, deskripsi, bahasa yang digunakan, postingan, komentar dan lain-lain.


Demikian deskripsi pemahaman saya terkait menu-menu di blog. Mohon dimaklumi untuk gambar pendukung. Memaksimalkan yang ada dan sesuaikan kemampuan. Sambil terus belajar. Semoga bermanfaat bagi pemula seperti saya...

Terimakasih...



0 Response to "Memahami Menu-menu di Blog dengan Mudah Bagi Pemula"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel