Menanamkan Nilai Cinta Tanah Air Anak Sekolah Dasar dengan Mudah


Beragam nilai-nilai yang perlu ditumbuhkembangkan pada siswa Sekolah Dasar. Salah satunya adalah nilai cinta tanah air. 

Bayangkan saja bagaimana perjuangan para pahlawan terdahulu yang berdarah-darah hanya untuk berjuang membela bangsa kita saat itu dengan nyawa sebagai taruhannya.  Semua dilakukan karena rasa cintanya para pahlawan terhadap bangsa kita Indonesia yang tidak ingin terus-menerus dijajah oleh bangsa lain. 

Kita yang terlahir setelah kemerdekaan Indonesia di raih, merasa sangat berbahagia dan beruntung. Tugas kita hanya melanjutkan perjuangan mereka dengan melakukan apa yang bisa dilakukan sesuai kemampuan masing-masing. 


Apa Itu Definisi Cinta Tanah Air?

Lebih sederhananya saya mengatakan bahwa cinta tanah air berarti bangga dengan tanah kelahirannya. Dalam konteks ini menunjukkan kebanggan pada negara dan bangsa, provinsinya, kabupatenya, kecamatannya, kelurahannya, desanya ataupun pulaunya. Dengan demikian maka akan terbentuk secara tidak langsung sikap menghargai dan menghormati segala kebudayaan yang ada di daerah itu sendiri.


Mengapa Perlu Adanya Rasa Cinta Tanah Air?

Setiap individu perlu menumbuhkan rasa cinta tanah airnya sebab rasa itu dapat meningkatkan kerukunan hidup bersama dan kemakmuran yang menjadi tujuan hidup setiap manusia.

Kemudian Bagaimana Wujud Cinta Tanah Air Pada Anak Sekolah Dasar?

Selalu berdoa agar negara dan bangsa kita  aman, tentram dan berada dalam lindungan yang Maha Kuasa 
Giat belajar sehingga kelak bisa bermanfaat untuk banyak orang yang ada di sekitar kita 
Menjaga kelestarian lingkungan, kerukunan dan ketentraman hidup antara sesama manusia
Mau bergotong-rotong dalam membantu sesama baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat sekitar 
Tidak malu menggunakan bahasa daerah. Penggunaannyapun disesuaikan dengan situasinya, jika diforum resmi maka gunakanlah bahasa Indonesia yang bisa menyatukan komunikasi semua peserta 
Mengikuti gaya berpakaian budaya kita meskipun trend selalu muncul setiap saat tapi perlu menyaring dan menyesuaikan kebiasaan yang ada di daerah. Hal ini mengajarkan kita tetap melestarikan budaya kita. 
Tidak gengsi untuk menggunakan produk lokal. Misalnya gunakan sepatu, tas, pakaian  dan lain sebagainya hasil produksi dalam negeri. 
Menghargai sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari

Lalu Bagaimana Cara Menumbuhkan Cinta Tanah Air Pada Anak Sekolah Dasar?

Sekolah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan tentu salah satu tujuannya adalah membentuk pribadi siswa yang memiliki sikap cinta tanah air. Dalam proses pembelajaran guru membekali siswa untuk menanamkan rasa cinta tanah air dimana kelak anak itu berada  dapat menujukkan pribadinya yang memiliki rasa cinta tanah air.

Olehnya itu perwujudan rasa cinta tanah air tentu dapat terlaksana baik dengan melibatkan peran guru yang maksimal di sekolah. Misalnya:
Penekannaya lebih kepada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Guru Pkn sebisa mungkin mengemas materi pelajaran dengan baik sehingga penanaman nilai rasa cinta tanah air bisa diserap oleh siswa dan diimplementasikan dalam kehidupannya sehari-hari. 
Selain itu dapat dikembangkan melalui pembelajaran terkait Sejarah seperti tema kepahlawanan. Guru bisa menciptakan belajar kelompok dengan bermain peran sebagai tokoh pahlawan bangsa. Termasuk berkunjung ke situs-situs peninggalan sejarah sehingga bisa memotivasi siswa untuk melestarikan peninggalan sejarah yang ada. Contoh lain yang bisa ditanamkan untuk merenungkan perjuangan para pahlawan adalah bersedia mengikuti upacara bendera dengan tenang. 
Guru bisa menghadirkan berbagai cerita rakyat atau legenda yang mengisahkan perjuangan para pahlawan, sehingga mendorong siswa bisa menghargai perjuangan para pahlawan terdahulu.
Guru bisa mengenalkan pakaian adat, kesenian, makanan khas, seni pertunjukkan pada masing-masing daerah. Ini sebagai bentuk pembelajaran budaya daerah di Indonesia. Siswa diajak mengamati betapa beragam budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Sehingga siswa diajarkan bisa melestarikannya, menerima keberagaman yang ada dan menunjukkan sikap saling menghormati dan menghargai budaya sesama karena kita dilahirkan di satu bangsa yang sama yaitu Indonesia. 
Guru bisa menekankan kepada siswa jika perayaan kemerdekaan 17 Agustus wajib untuk memasang bendera di depan rumah, karena itu wujud kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia dan menghargai pahlawan yang telah gugur berjuang untuk bangsa.
Yang terpenting juga bahwa seorang guru harus mampu menjadi teladan bagi murid-muridnya di sekolah. 
Baca Juga: Pengembangan Nilai-nilai Demokrasi di Sekolah Dasar dengan Sederhana 

Demikian bagaimana menanamkan nilai cinta tanah air pada anak di Sekolah Dasar. Dalam menanamkan nilai cinta tanah air tidak begitu sulit asal adanya konsistensi guru untuk merancang pembelajarannya semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat.

Terimakasih…

1 Response to "Menanamkan Nilai Cinta Tanah Air Anak Sekolah Dasar dengan Mudah"

  1. join dengan kami situs terpercaya dan teraman Proses
    Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah
    cs online 1x24 jam
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    BBM : areatoto

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel