Memahami Tiga Langkah-langkah Pembelajaran dengan Mudah


Pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas biasanya terdiri dari tiga tahapan. Tahapan ini disebut dengan istilah langkah-langkah pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran adalah satu tahapan sistematis yang harus dilakukan guru ketika melaksanakan proses pembelajaran. Langkah-langkah ini perlu dipahami oleh guru.

Mengapa? Satu mata pelajaran atau satu pembelajaran sudah ada ketetapan jumlah jam belajarnya. Nah, dengan jam yang tersedia bagaimana seorang guru bisa memanfaatkan jam belajar dengan maksimal maka dibutuhkan penyusunan kegiatan pembelajaran dengan baik. Dalam hal ini  indikator pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tersampaikan dengan baik, siswa bisa memahami materi dengan mudah serta pembelajaran dapat memberi kesan menarik dan bermakna.

Dengan demikian tujuan memahami tiga langkah pembelajaran tersebut adalah diharapkan agar guru mampu mengelola jam pembelajaran dengan maksimal pada mata pelajaran yang dituju dengan harapan tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal.

Tiga langkah-langkah pembelajaran yang dimaksud di atas yakni Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti atau Penyajian dan Kegiatan Penutup.

1. Pendahuluan

Beberapa hal yang perlu disampaikan dalam kegiatan pendahuluan:

# Mengkondisikan Kelas

Mengkondisikan kelas bertujuan untuk menciptakan situasi hingga siswa benar-benar siap menerima pelajaran. Bagi siswa yang masih memiliki aktivitas yang tidak berhubungan dengan pelajaran maka diberi kesempatan 1-3 menit untuk menyelesaikan segala aktivitasnya. Dan sekaligus penyampaian secara singkat mengenai nilai-nilai moral, etika dalam kehidupan sehari-hari. Ini wajib sebagai pengantar guru sebelum memulai pelajaran. Sama halnya guru memberikan nasihat kepada siswa diawal pembelajaran.

# Berdoa Bersama

Berdoa dilakukan agar selama proses pembelajaran siswa bisa tenang menghadapi pelajaran, bisa menerimanya dan memahami materi dengan baik. 

# Menyampaikan Manfaat Materi yang Dipelajari

Manfaat materi yang akan diajarkan perlu disampaikan kepada siswa yang ada relevansinya dengan dunia kerja anak kedepannya. Penyampaian manfaat materi sekaligus mengajak siswa agar menjadi antusias dalam belajar. Hal yang bisa disampaikan pada bagian ini misalnya memberikan pemahaman kepada siswa bahwa untuk mencapai cita-cita yang diinginkan maka butuh keseriusan belajar.

# Melakukan Apersepsi

Kegiatan apersepsi adalah mencoba mengingatkan kembali pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran sebelumnya dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari. Menggali pengetahun siswa sebelumnya akan membantu mengarahkan pemahaman siswa pada materi yang siap dipelajari.

# Menyampaikan Pokok Bahasan atau Tema Pembelajaran

Menyampaikan pokok bahasan atau tema pembelajaran dimaksudkan agar siswa mengetahui pokok bahasan atau tema yang akan dipelajari. Sehingga bisa fokus pada materi pembelajaran tersebut.

# Menyampaikan Tujuan atau Indikator Pembelajaran

Tujuan sama maknanya dengan indikator karena apapun yang menjadi indikator itulah tujuan pembelajaran. Menyampaikan tujuan atau indikator ketercapaian pembelajaran menjadi sangat penting. Hal ini diharapkan dapat mengantarkan siswa pada penyiapan motivasi dan strategi untuk dapat mengarahkan pada pencapaian tujuan pembelajaran tersebut.

2. Kegiatan Inti atau Penyajian

Beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan inti/penyajian:

# Menguraikan Materi Disertasi Contoh

Menguraikan materi pelajaran sesuai dengan tujuan atau indikator yang telah ditetapkan. Materi bukan hanya penjelasan semata tapi perlu memberikan contoh konkret yang ada di sekitar siswa. Penyampaian materi juga perlu menggunakan media. Karena dengan media akan membantu memudahkan atau mempercepat pemahaman anak terhadap materi yang diberikan.

# Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan artinya guru mengkonfirmasi sehubungan dengan materi yang belum dikuasai atau belum pada pemahaman sebenarnya. Jika belum dipahami maka perlu ada penjelasan materi  kembali. Dan bila mana materi sudah dipahami oleh siswa selanjutnya guru dapat memberikan latihan yang diselesaikan saat itu juga.

# Memberikan latihan

Memberikan latihan bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sudah dipersiapkan. Namun latihan ini bukan mengukur ketercapaian pembelajaran tapi hanya membantu siswa dalam penguatan penguasaan materi pembelajaran.

# Memberikan Tes Akhir

Setelah usai pembelajaran perlu memberikan tes untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran di hari itu. Tes diberikan berbentuk soal-soal baik bentuk isian maupun uraian. Tidak perlu banyak asal mewakili indikator ketercapaian pembelajaran. Tentu tes yang digunakan sudah dipersiapkan dari awal. Hasil penilaian tes ini digunakan untuk mengukur kompetensi siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

3. Penutup

Beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan penutup: 

# Merangkum Materi

Merangkum materi sama halnya membantu siswa untuk memahami keutuhan materi yang telah dipelajarinya. Merangkum berbeda dengan mencatat materi sampai habis. Merangkum hanya diperlukan mencatat poin-poin penting materi yang telah dipelajari.

# Mengadakan Refleksi

Kegiatan refleksi yakni memberikan penanaman nilai dari konsep yang diajarkan. Sekaligus juga memberikan nasihat kembali kepada siswa sebelum mengakhiri pembelajaran. Sama seperti memberikan nasihat di awal pembelajaran. Jadi dalam hal ini guru tidak perlu bosan menasihat siswa demi kebaikan mereka. 

# Mengadakan Tindak Lanjut

Tindak lanjut biasanya dilakukan tidak pada setiap kali pertemuan namun disesuaikan dengan materi yang dipelajari. Bila membutuhkan tindak lanjut maka perlu diadakan tindak lanjut jika tidak maka jangan dipaksakan untuk ada.

Keberhasilan pembelajaran ada ditangan guru. Maka salah satu cara ampuh mencapai hal itu, perlu menyediakan waktu spesial untuk bisa konsentrasi menyusun langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas. Perencanaan atau persiapan yang baik hasilnya juga akan baik.

Demikian penjelasan dalam memahami tiga langkah-langkah pembelajaran. Saya menyakini bahwa setiap guru punya konsep khusus dalam memahami langkah-langkah pembelajaran, mengembangkannya dan bagaimana bisa melaksanakannya dengan baik sehingga tujuan pembelajaran juga tercapai sesuai harapan. Semoga bermanfaat.

Terima kasih...



1 Response to "Memahami Tiga Langkah-langkah Pembelajaran dengan Mudah"

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    ada bonus cashback dan bonus deposit harian
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel