Cara Mudah dan Praktis Membuat Privacy Policy dan Disclaimer di Blog

Cara membuat Privacy Policy dan Disclaimer, bisa manual bisa secara online. Kalau memang kita lebih mudah dan praktis membuat secara online, mengapa tidak?!.... 

Kembali lagi pada pilihan masing-masing. Saat ini saya lebih memilih online. Sambil mencari tau apa sih bedanya?!. Jika membuat manual, mungkin lebih gampang, tapi yang belum saya pahami kontenya. Kalau secara Online sudah ada kode khusus untuk konten. 

Mengapa Privacy Policy dan Disclaimer Penting? 

Saya bisa katakan sebagai kebutuhan sebuah blog, rata-rata tampilan blog yang kita temui selalu ada dua komponen ini. Tidak hanya itu, ternyata Privacy Policy dan Disclaimer ini menjadi salah satu pertimbangan ketika blog kita ingin diterima saat mendaftar Google Adsense (GA). Persoalan diterima atau tidaknya, kita tetap berusaha memenuhi syarat yang bisa kita penuhi lebih dulu. Pihak GA melihat komponen ini sebagai bukti bahwa kita sudah menunjukkan keseriusan dalam mengelola blog. Nah dari itulah Privacy Policy dan Disclaimer menjadi penting adanya. Begitulah saya coba memahaminya secara umum.

# Makna Privacy Policy 

Saya melihatnya dari konsep kata, Privacy Policy dimaknai sebagai kebijakan privasi. 

Kebijakan adalah aturan khusus yang dimiliki situs pemilik blog. Privasi adalah hal-hal yang menyangkut individu (dalam hal ini pengunjung blog) yang bersifat rahasia.

Secara utuh saya asumsikan Privacy Policy sebagai kebijakan khusus pemilik blog yang diberlakukan kepada pengunjungnya. Situs pemilik blog menganggap privasi pengunjung sangatlah penting. 

Dokumen kebijakan privasi ini mengungkapkan secara mendetail jenis informasi yang sifatnya pribadi yang dikumpulkan dan dicatat oleh blog yang bersangkutan serta bagaimana dalam menggunakannya atau mengelolanya.

Jadi simpulannya karena privasi pengunjung blog sangat penting dimata situs pemilik blog maka Privacy Policy fungsinya dapat menjamin kenyamanan pengunjung blog yang menggunakan berbagai informasi yang didapatkan dari situs blog yang dikunjunginya.

# Makna Disclaimer 

Saya masih melihat dari konsep kata, Disclaimer menjadi tiga kata yaitu “Dis” yang berarti Tidak atau Tak. “Claim” yang berarti klaim atau tuntutan atas sesuatu fakta-fakta bahwa seseorang berhak memiliki hak atas sesuatu tersebut. Sedangkan kata ‘er” menunjukkan arti yang memiliki (dalam hal ini mengarah ke situs pemilik blog)

Seacara utuh dan sederhanya saya asumsikan Disclaimer adalah penolakan dari situs pemilik blog atau tidak mau dituntut atas suatu fakta yang berada dalam situsnya. Situs pemilik blog tidak membuat jaminan tentang kelengkapan, keandalan dan keakuratan informasi. 

Segala tindakan yang pengunjung ambil atas informasi yang ditemukan di situs pemilik blog sepenuhnya merupakan resiko pengunjung itu sendiri. Situs pemilik blog tidak akan bertanggung jawab atas kerugian bahkan kerusakan sehubungan dengan penggunaan situsnya.

# Perbedaan Privacy Policy dan Disclaimer

Privacy Policy, isinya menjelaskan bahwa semua data-data pengunjung yang berkunjung ke situs pemilik blog tetap dijaga kerahasiaaanya. Jadi amanlah bagi pengunjung untuk menggunakan informasi yang ada dalam situs blog yang dikunjunginya.

Disclaimer, isinya tentang tidak mau menerima tuntutan apapun dari segala tindakan yang pengunjung ambil atas informasi yang ditemukan di situs pemilik blog. 
Situs pemilik blog tidak akan bertanggung jawab atas kerugian bahkan kerusakan sehubungan dengan penggunaan situsnya.

# Lalu Bagaimana Cara Mudah dan Praktis Membuat Privacy Policy Secara Online?

Langkah Pertama

Buka beranda google > Ketik http://www.privacypolicyonline.com/ > tunggu tampilan Privacy Policy terbuka
Jangan lupa Isi Sesuai Blognya

Langkah Kedua

Untuk Info Your Site Information and Contact
Secara berurutan
  • Isi dengan judul blog
  • Isi dengan URL/Link blog
  • Isi dengan URL/Link kontak (Cara liat link kontak silahkan Login blog > buka kontak > Copy link bagian atasnya)
  • Isi dengan email yang digunakan saat daftar blog
  • Email Encryption biarkan "No Encription" jangan rubah

Untuk Info Cookies : Biarkan tanda yes tidak perlu diganti

Untuk Info Advertisers on Your Site : Klik saja Google Adsense. 
Ada juga yang mengklik semuanya, kemungkinan yang sudah berlangganan dengan jasa pengiklan lainnya. Bagi pemula seperti saya dan ingin mendaftarkan blog di Google Adsense (GA) maka saya hanya klik GA.
Kemudian Klik Generate HTML > tunggu tampilan kotak kode Privacy Policy kita > biarkan terbuka > Copy kode (persiapan untuk dipaste pada langkah akhir)
Kode Privacy Policy Yang Akan di Copy
Biarkan Tampilan Terbuka
Kembali Login blog > klik Halaman > Klik Halaman Baru > Klik HTML > Isi Kolom Judul “Privacy Policy” > Isi kolom konten dengan cara “pastekan” kode privacy kita > Klik Publikasikan > Selesai
Hasil Paste Kode Privacy Policy

# Cara Mudah dan Praktis Membuat Disclaimer Secara Online

Langkah Pertama

Buka beranda google > Ketik http://www.privacypolicyonline.com/ > Klik Disclaimer (Bagian Pojok Kanan Atas) > tunggu tampilan terbuka
Jangan lupa Klik Disclaimer 

Langkah Kedua

Secara berurutan
  • Isi dengan URL/Link blog
  • Isi dengan URL/Link kontak (Cara liat link kontak silahkan Login blog > buka kontak > Copy link bagian atasnya)
  • Isi dengan email yang digunakan saat daftar blog
  • Email Encryption biarkan "No Encription" jangan rubah
  • Klik Generate Disclaimer
Jangaan Lupa Ganti Sesuai Blognya
Kemudian Klik Generate Disclaimer > tunggu tampilan kotak kode Diclaimer kita > biarkan terbuka > Copy kode (persiapan untuk dipaste pada langkah akhir)
Kode Disclaimer Yang Akan di CopyBiarkan Tampilan Terbuka
Kembali Login blog > klik Halaman > Klik Halaman Baru > Klik HTML > Isi Kolom Judul “Disclaimer” > Isi kolom konten dengan cara “pastekan” kode Disclaimer  kita > Klik Publikasikan > Selesai
Hasil Paste Kode Disclaimer
Semua langkah di atas telah dilakukan berarti sudah berhasil membuat Privacy Policy dan Disclaimer secara online di blog kita. Lalu bagaimana menampilkannya di blog agar bisa dibaca pengunjung?

Karena saya menggunakan template premium VioMagz, menu Privacy Policy dan Disclaimer sudah tersedia di  navigasi di atas Footer ..tinggal mengisinya saja...


Bagi yang menggunakan template lain yang belum tersedia menu Privacy Policy dan Disclaimer di menu navigasi baik header ataupun footer maka wajib membuat terlebih dahulu. Cara buatnya sudah banyak tersedia di google.Kemudian barulah bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat Privacy Policy dan Disclaimer online di atas.

Kesimpulannya membuat Privacy Policy dan Disclaimer secara online tahapannya sama saja. Selamat mencoba bagi yang belum membuat....Semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Terimakasih...









0 Response to "Cara Mudah dan Praktis Membuat Privacy Policy dan Disclaimer di Blog"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel