Berbagi Pengalaman Diterima Google Adsense 2019 dengan Sekali Penolakan

Kesempatan ini saya berbagi pengalaman diterima Google Adsense 2019 dengan sekali penolakan. Keberhasilan daftar Google Adsense tentu saja merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap orang yang mengenal dunia blog maupun youtobe.

Tetapi bagi pemula tidak secara instan situs blog kita menghasilkan uang. Namun butuh waktu untuk mendapatkannya. Apalagi dengan pengunjung (visitor) yang sedikit/perharinya. Walau demikian tetap bersyukur proses mendaftarkan situs blog ke Google Adsense tidak membutuhkan waktu lama. 


Berikut Cerita Singkat Proses Mendaftar di Google Adsense 2019

Saya coba mendaftarkan blog di Google Adsense tepatnya pada tanggal 22 Januari 2019 pukul 01.02 siang hari. Kemudian pada hari dan tanggal yang sama kurang lebih 3 jam setelah pendaftaran tepatnya pukul 16.21 sore hari ada email masuk dari Google Adsense yang secara garis besar menyatakan bahwa:
...Status permohonan tidak memenuhi kriteria program Adsense..Artinya ditolak..... Pihak Adsense tidak dapat memberikan jawaban detail dibalik keputusannya. Lalu disampaikan pula jika mampu melakukan perubahan sesuai kebijakan Adsense pada situs blog maka boleh mengajukan permohonan kembali ke pihak Google Adsense ke depannya....
Kembali bersyukur tidak ada batasan untuk mendaftar Google Adsense. Hasil ini tetap saya terima dengan ikhlas. Yang terpenting sudah berani mencoba sebagai pemula. Namun mengamati pesan via email tersebut tidak ada alasan mendetail situs blog tidak memenuhi kriteria program Adsense. Hal ini membuat saya kurang paham apa yang harus dibenahi pada blog dinelyku.com......Bingung kan?!.....

Lalu saya pun coba login halaman Google Adsense. Ternyata pesan yang muncul berbeda dengan pesan email. Pesan yang tersaji secara umum dikatakan bahwa:
....Google Adsense tidak menyetujui jika Menu Navigasi yang ada di situs blog mengandung pesan eror atau membingungkan/membuat kesal pengunjung...
Ketika itu spontan saya berpikir ada satu hal yang membuat bertanya-tanya dalam hati. Kemungkinan pengaruh pemasangan widget histats di sidebar yang statusnya saya sembunyikan. Jadi nampak ada tombol “Pengunjung” di halaman blog tetapi tidak bisa ditelusuri pengunjung.

Sementara menu navigasi lainnya satu persatu saya melakukan pengecekkan tapi tidak ada yang menunjukkan pesan eror. Mulailah saya menghilangkan widget Histats tersebut. Lalu saya ingin menambahkan Term of Service/TOS blog untuk sekedar melengkapi. Karena awalnya blog dinelyku.com baru terdapat 4 item halaman statis (About, Contact, Pricavy Policy dan Disclaimer)

Baca Juga:


Setelah perbaikan, lalu terpikirkan bahwa jika saya langsung mengajukkan permohonan ke Google Adsense dengan cepat masih hawatir jangan sampai kembali ditolak. Namanya manusia biasa jika kita gagal lebih dari sekali dalam waktu yang singkat berasa agak berat menerimanya. Tapi apapun itu kita harus hadapi dengan tenang.

Kemudian saya pun menggiring pemikiran saya seolah-olah pemikiran pihak Google Adsense yang berpikir bahwa kok bisa baru saja situs blognya ditolak sudah diajukan kembali...kira-kira benar ngga sih dilakukan perbaikan pada blog?!........ 

Jadi sederhananya saya ibaratkan proses bimbingan Mahasiswa ke Dosennya. Baru saja tulisan kita dicoret sudah di ajukan kembali......Respon dosen bisa percaya bisa tidak. Jadi kemungkinan pihak Google Adsense juga demikian. Ini hanya pernyataan saya yang sama sekali tidak berlaku bagi teman-teman....Namun silahkan mencoba mengikuti kata hati masing-masing.

Untuk mencegah hal itu saya putuskan mengajukan permohonan ke 2 kalinya kurang lebih 1 atau 2 minggu berikutnya. Tepatnya tanggal 14 Februari 2019 pukul 10.13 menjelang siang hari saya beranikan diri mencoba kembali mengajukan permohonan melalui login halaman Adsense. Dihari dan tanggal yang sama ada email masuk dari google Adsense yang berbunyi:
Situs Anda Sekarang Siap Menayangkan Iklan Adsense....

Alhamdulillah permohonan ke 2 keterima di Google Adsense....Saya coba membuka halaman Adsense dengan login menggunakan email saat daftar. Ternyata tertulis "Akun Sudah Aktif". Selang beberapa menit menu-menu dihalaman Adsense pun terbaca semua yakni Menu Beranda, Iklan, Situs, Kontrol Pemblokiran, Laporan, Pengoptimalan, Pembayaran, Akun, Masukan.


Langkah selanjutnya membingungkan bagi saya...karena saat membaca artikel lainnya jika kita keterima Adsense maka perlu segera membuat unit iklan. Nah, kalau kita melihat menu-menu dihalaman Adsense, iklan memang tertera di bawah menu beranda. Jika diklik muncul berbagai macam submenu antara lain Iklan Otomatis dan Unit Iklan...Tetapi spontan mengingat ketika dilangkah akhir daftar Google Adsense ada pernyataan memberi tanda centang untuk menampilkan iklan secara otomatis jika akun sudah diaktifkan.

Diperjelas dengan tulisan di bawah akun di atas. Selanjutnya saya coba buka postingan...begitu mengagetkan iklan sudah ditanyangkan di sidebar/samping postingan. Dalam hal ini Google Adsense memiliki kebijakan baru yakni merekomendasikan Iklan Otomatis. Saya sebagai pemula merasa beruntung tidak mesti belajar membuat unit iklan. Entah ke depannya jika memungkinkan untuk  membuat unit iklan secara manual...yaa di ikutin saja alur kemampuan kita berbuat sebisa mungkin.

Lalu Informasi Kondisi Situs Blog dinelyku.com Saat Keterima Google Adsense 2019

  • Usia blog saat daftar pertama Google Adsense 5 minggu (1 bulan -1 minggu)  tepat 22 Januari 2019 > 3 jam berikutnya ditolak oleh GA
  • Pengajuan ke 2 kalinya ke Google Adsense usia blog kurang lebih 8 Minggu tepat 14 Februari 2019 > 7 jam berikutnya diterima GA
  • Topik blog campuran (sesuai profesi, pengalaman dan aktivitas keseharian)
  • Sebelum daftar Google Adsense saya upayakan memposting artikel minimal 1 artikel dalam sehari...kalaupun absen paling sehari atau 2 hari. Lalu lanjut posting kembali. Namun saat menghadapi daftar GA dalam bulan Januari dari tanggal 1 s/d 22 posting terus/perharinya yang bolong hanya tanggal 17 dan 19. 
  • Jumlah artikel/postingan 42 (setiap artikel rata-rata diatas 300 kata). Syarat wajib minimal 300 kata/artikel.
  • Keterima Adsense usia blog kurang lebih 2 bulan sejak pembuatan blog (15 Desember 2018) dan diterima Adsense 14 Februari 2019.
  • Terkait pengunjung blog...saya biasa ngecek lewat widget histats dan ketika itu kurang lebih 14-15 pengunjung/hari dan page view bisa 80-100 perhari. Melihat data ini sangat tidak rasional kan?!...Tapi inilah fakta yang ada.

Kesimpulan

Situs Blog yang diterima oleh Google Adsense secara logika sudah tentu memenuhi kriteria pihak Adsense.....Tapi diluar dari itu saya punya asumsi bahwa tidak ada yang mustahil jika keberuntungan berpihak di situs blog kita.
Begitulah pengalaman saya diterima Google Adsense 2019 dengan sekali penolakan...Semoga artikel ini bermanfaat. Bagi yang ingin dan sedang daftar Google Adsense moga keterima dengan cepat tanpa melewati proses penolakan. Aamiin.

Terimakasih...

1 Response to "Berbagi Pengalaman Diterima Google Adsense 2019 dengan Sekali Penolakan"

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    ada bonus cashback dan bonus deposit harian
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel