Cara Mudah Membuat Terms of Service Sebagai Halaman Pendukung Sebuah Blog

Ketika membuat blog kita harus melengkapi halaman-halaman pendukung sebuah blog. Terms of Service (TOS) termasuk salah satu halaman yang harus dibuat selain Privacy Policy dan Disclaimer. Ketiga komponen ini saya ibaratkan saudaraan yang sama pentingnya. Infromasi dari berbagai artikelpun merekomendasikan perlu membuat TOS. Sehingga sayapun mencoba menerapkan.

Cara buatnya bisa manual dan juga online. Saya pribadi memilih pembuatan TOS secara online. Menentukan pilihan cara mana yang mesti kita gunakan maka sesuaikan dengan cara yang kita anggap mudah dalam mengikuti prosesnya. Pembuatan TOS online prosesnya hampir sama dengan membuat Privacy Policy dan Disclaimer. 


Apa itu Terms of Service (TOS)?

Berdasarkan makna kata Terms of Sercive ini diartikan sebagai ketentuan layanan. Jadi TOS blog itu merupakan ketentuan layanan sebuah situs blog.
TOS ini memberikan kita petunjuk bagaimana penggunaan situs sebuah blog berdasarkan ketentuan layanan TOS dan kita setujui sebagai pemilik situs. Prasyarat pembuatan TOS yang perlu dipahami bahwa pemilik situs blog dipersyaratkan minimal berusia 18 tahun. 

Ketentuan layanan TOS ini ditujukkan tidak hanya kepada pemilik situs blog tetapi juga berlaku bagi pengunjung situs blog kita.

Secara umum ketentuan itu mencakup tidak dibenarkan memanfaatkan situs blog yang bisa menyebabkan hal-hal yang bertentang dengan hukum. Yang paling penting bagi pengunjung situs blog tidak dibenarkan memanfaatkan data-data atau pemasaran pada situs tersebut tanpa persetujuan secara tertulis oleh pemilik situs blog.

Selain itu juga dijelaskan bahwa tidak ada pernyataan dari situs blog yang menjamin kelengkapan maupun keakuratan informasi yang disajikan. Kira-kira seperti itu garis besar konten TOS. Masing-masing bisa mempelajari secara lebih detail. Tinggal mumbuka halaman TOS dan dibaca secara keseluruhan. 

Seperti Apa Langkah-langkah Membuat Term of Service (TOS ) di Blog Kita?


Pertama

Buka beranda google > ketik http://www.privacypolicyonline.com/ > tunggu tampilan terbuka > klik TOS Generator 

Kedua

Isi secara berurutan yaa!

# Untuk Your Site Information and Contact
  • Isi dengan judul blog
  • Isi dengan URL blog
  • Isi dengan URL kontak (Cara liat URL kontak dengan login blog > buka kontak > copy URL pada bagian atas)
  • Isi dengan email yang digunakan saat membuat blog
  • Untuk Email Encryption klik Encrypt Email

# Untuk Company Information or Physical Address
  • Abaikan saja karena blog personal. Terkecuali blog kita atas nama perusahaan maka wajib diisi.

# Untuk Coorporate Information Registration
  • Abaikan saja tidak perlu dirubah
# Kemudian klik Generate HTML (posisi bagian bawah kolom pengisian)
# Selanjutnya akan tampil kode TOS yang akan di copy pada blog kita (nanti akan dipastekan ke langkah 3)

Sampai pada langkah 2 kita baru berhasil menampilkan kode TOS. Selanjutnya kita bersiap mengunjungi dashboard blog kita. Tujuannya membuat halaman baru dengan judul “Term of Service”.

Ketiga

Login blog > klik menu halaman > klik halaman baru > isi kolom judul halaman (Terms of Service) > klik tulisan HTML (posisi bagian samping kiri) > isi kolom conten dengan cara pastekan kode yang ada pada langkah 2 > klik pilihan (posisi sebelah kanan bagian bawah deskripsi penelusuran) > pada komentar pembaca klik "jangan izinkan mode tulis" > yang lain jangan dirubah > klik selesai > klik publikasikan.

Setelah melakukan tiga langkah di atas dengan tepat berarti kita telah berhasil membuat Terms of Service (TOS) blog kita. Lumayan mudah cara membuatnya kan?!. Begitulah cara online. 

Demikian pengalaman saya membuat Terms of Service (TOS) secara online sebagai halaman pendukung blog. Semoga bermanfaat.

Terimakasih... 




1 Response to "Cara Mudah Membuat Terms of Service Sebagai Halaman Pendukung Sebuah Blog"

  1. join dengan kami situs terpercaya dan teraman Proses
    Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah
    cs online 1x24 jam
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    BBM : areatoto

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel