Tujuan Utama Pengembangan Demokrasi di Sekolah Dasar


Berbicara demokrasi berarti mengarahkan kita terhadap suatu konsep pemikiran yang secara garis besarnya bahwa setiap individu/warga negara memiliki hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama. 

Anak belajar berdemokrasi diawali dari lingkungan rumah mereka. Bagaimana orang tua mengenalkan hak dan kewajiban seorang anak ketika berada di rumah. Sekolah berperan dalam membantu pengembangan demokrasi pada ranah yang lebih luas dan tentu disesuaikan dengan perkembangannya.

Penekanan demokrasi sejak usia Sekolah Dasar sa penting untuk bekal masa depan anak kelak menjadi generasi penerus bangsa. Untuk itu anak didik memiliki kekuatan intelektual yang nantinya tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat yang lebih luas, beragam, penuh problem dan tantangan. 

Sekolah dapat dikatakan sebagai suatu organisasi yang layaknya kelompok masyarakat kecil/mini yang memiliki warga dan peraturan. Warga ini mulai dari kepala sekolah, para guru dan siswa, tenaga perpustakaan dan administrasi, pegawai Tata Usaha (TU), penjaga/satpam dan cleaning service maupun orang-orang yang ikut terlibat dalam lingkungan sekolah tersebut, termasuk pihak pengelola kantin sekolah dan lain sebagainya.

Melaksanakan demokrasi di sekolah maka seluruh kegiatan di sekolah pun harus sesuai dengan nilai-nilai demokrasi. Dan perlu diketahui dalam mekanisme berdemokrasi dalam politik tidak sepenuhnya sesuai dengan mekanisme dalam pelaksanaan pendidikan yakni di Sekolah Dasar.


Lalu Apa Tujuan Utama Pengembangan Demokrasi di Sekolah Dasar?

Tujuan utamanya adalah anak akan berlatih/belajar memahami lebih luas apa yang menjadi haknya (hal-hal yang harus didapatkan) dan apa yang menjadi kewajibannya (sesuatu yang perlu/harus/wajib dilakukan) serta memahami bagaimana memperlakukan orang lain di sekitarnya. Tentu dengan harapan bisa mengimplementasikan sikap demokratis dalam kehidupannya sehari-hari. 
Anak paham memperlakukan orang lain berarti mengetahui adat sopan santun ketika berhadapan dengan teman-temannya, menghadapi guru, kakak kelas, adik kelas, penjaga sekolah, penjaga perpustakaan, tenaga adminstrasi dan seterusnya.

Kalau demokrasi sudah terbangun di lingkungan sekolah dengan maksimal....ini sangat berpotensi menjadikan anak didik yang mampu bermasyarakat dengan baik (menjadi masyarakat yang demokratis) dan dapat diterima di lingkungan sosialnya dengan baik pula. 

Tujuan Utama di atas akan tercemin dalam berbagai perilaku yang ditunjukkan oleh anak dalam kehidupannya, antara lain:

Menghormati dan menghargai sesama tanpa melihat perbedaan agama, suku dan latar belakang ekonomi orang-orang di sekitarnya 
Akan mentaati tata tertib yang berlaku di lingkungnnya 
Memiliki kesadaran pribadi menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada di lingkunganya 
Memiliki sikap jujur, adil dan rasa tanggung jawab yang tinggi 
Membangun pemikiran sehat dan kerja sama yang baik 
Terjalinnya komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitarnya 
Munculnya sikap bijaksana, rendah hati, toleran dan punya etika moral  
Meningkatkan rasa empati terhadap sesama 
Tidak pilih kasih dalam berteman 
Menerima adanya pluralisme
Terhindar dari konflik

Bagaimana Kesimpulannya?

Pengembangan demokrasi di Sekolah Dasar dengan semaksimal mungkin maka akan mendidik anak-anak dan mengantarkan mereka menuju fase kedewasaan agar mereka mandiri baik secara psikologis, biologis, maupun sosialnya. 

Pendidikan demokrasi menekankan pada pengembangan keterampilan intelektual, ketrampilan pribadi dan sosial anak. Pengajaran yang bersifat akademis harus punya relevansi dengan konteks realitas kehidupan luas dan nyata di masyarakat.

Demokrasi menciptakan suasana kesetaraan tanpa adanya sekat-sekat kesukuan, agama, derajat serta melihat latar belakang dan status ekonomi. Dengan demikian setiap individu mempunyai ruang untuk mengekspresikan diri secara bertanggung jawab dan anak didik mampu mengembangkan potensi diri berdemokrasi sejak dini melalui proses pendidikan di Sekolah Dasar.

Demikian penjelasan singkat tujuan utama pengembangan demokrasi di Sekolah Dasar.....Semoga bermanfaat.

Terimakasih...


0 Response to "Tujuan Utama Pengembangan Demokrasi di Sekolah Dasar"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel