Bagaimana Tips Paling Sederhana dalam Menghadapi Kegagalan?




Setiap individu tidak pernah menginginkan untuk gagal berusaha mencapai sesuatu hal yang diimpikan. Kegagalan bisa membuat setiap orang memiliki stress tingkat tinggi dan trauma yang mendalam. Apakah stres dan trauma bisa menyelesaikan masalah? “Tidak”. Justru menghambat mengerjakan hal lain yang juga bermanfaat bagi keberlangsungan hidup kita. 

Seperti Apa Makna Kegagalan?

Kegagalan atau gagal berarti tidak berhasil apa yang diimpikan  atau yang dicita-citakan. 
Lalu apakah kegagalan membuat kesuksesan tidak bisa diraih lagi untuk selama-lamanya? “Tidak”... Gagal masih merupakan sebahagian proses perjalanan dan perjuangan dalam hidup untuk meraih kesuksesaan di masa yang akan datang.
Bentuk kegagalan setiap orang berbeda-beda. Seperti pengalaman saya saat pertama kali gagal mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil 2019. Kegagalan itu membuat sedih dan juga tetap bersyukur. Sedih karena tidak lulus tes. Bersyukur karena masih diberi nikmat kesehatan. Kesedihan tidak bisa dibawa berlarut-larut karena hidup terus berproses. Masih ada kesempatan lain untuk mencoba. Dan perlu meyakini masih ada peluang lain yang lebih baik. 
Sebaik-baiknya rencana manusia jika Allah belum menghendaki maka itulah yang biasa kita sebut dengan istilah gagal. Kita mesti menyadarinya bahwa Allah yang maha mengatur segala-galanya. Rencana manusia tidak selalu sama apa yang sudah direncanakan yang Maha Kuasa. 
Olehnya itu jangan kita menaruh rasa kesal dan amarah atas apa yang kita dapatkan dan lalui. Tetaplah berpikir positif sehingga kita selalu bergerak dan berusaha terus maju menata kehidupan yang lebih baik lagi. 


Lalu Bagaimana Tips Paling Sederhana dalam Menghadapi Kegagalan?

Secara pribadi saya memegang empat tips sederhana yang mengantarkan hidup saya lebih tenang menerima kenyataan ketika menghadapi kegagalan. 

  • Berusaha menerima dengan ikhlas hasil yang didapatkan
Ikhlas dalam artian kita tulus menerima bahwa itulah hasil yang kita dapatkan. Keikhlasan akan membuat kita tenang. Sehingga perasaan gagal tidak menghambat aktivitas kita yang lainnya. Dengan ikhlas maka kita tidak menyatakan bahwa Allah tidak adil. Menerima dengan ikhlas berarti mensyukuri ketetapan Allah.
  • Perlu melakukan intropeksi diri
Setelah ikhlas menerima kegagalan, maka perlu intropeksi diri. Coba pahami dan renungkan apa yang kurang dengan upaya yang telah kita lakukan. Sehingga kita tidak menyalahkan siapapun atas kegagalan yang kita dapatkan. Gagal hanya sebuah istilah tapi yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapi kegagalan dengan baik. Sikap kita itulah yang menentukan keberhasilan. 
Sangat penting menjadi orang bijak dalam menyikapi persoalan kegagalan. Orang bijak pasti menyalahkan diri sendiri sebelum menyalahkan keadaan. Orang lain saja berkali-kali gagal masih semangat apalagi kita baru gagal sekali atau dua kali....jadi intropeksi diri salah satu kunci keberhasilan. 
  • Tingkatkan semangat untuk berjuang selanjutnya
Kita sudah menerima ikhlas, melakukan intropeksi diri maka selanjutnya tingkatkan lagi semangat berusaha mempersiapkan diri untuk berjuang pada kesempatan berikutnya. Semangat tidak hanya ketika kita berhasil. Sekalipun gagal tetap semangat. Karena perjuangan untuk hidup terus berjalan tidak berhenti saat kita gagal. 
Jadi terus semangatlah. Kita gagal bukan berarti kita tidak tidak bisa berusaha lebih baik lagi. Kegagalan harus menjadi pembelajaran yang berharga, sekaligus motivasi kita untuk bangkit kembali meraih kesuksesan. Jangan mempertahankan semangat kita yang menurun karena itu akan terus membawa kegagalan. 

  • Mencoba belajar hidup dari kisah orang lain
Cobalah untuk selalu melihat orang-orang di sekitar kita bagaimana mereka mampu bertahan hidup hingga meraih kesuksesan. Dalam konteks ini hidup harus optimis artinya harus selalu yakin kita bisa mewujudkan cita-cita kita. Asalkan mau berusaha. 
Orang yang sukses pada umumnya memiliki catatan hidup yang berliku-liku dan begitu panjang. Setiap proses yang dilewati tidak mudah, butuh pengorbanan yang besar. Hanya orang-orang gigih berusaha yang akan mampu melewatinya.
  • Terus berdoa memohon kepada yang Maha Kuasa 
Kita sudah Ikhlas menerima kenyataan, mengintropeksi diri, kemudian berusaha semangat untuk bangkit kembali mempersiapkan diri lebih baik, termasuk mencoba belajar hidup dari kisah yang orang lain lewati, lalu jangan lupa satu hal ketika melakukan segala sesuatunya dalam hidup ini harus dibarengi dengan doa memohon kepada yang Maha Kuasa. Permintaan doa yang paling mujarab hanya ditujukkan kepada-Nya. Allah sudah menggariskan rejeki seseorang. Kita manusia wajib berikhtiar dan berdoa memohon ridho-Nya. Yakinlah rejeki yang diberikan tidak akan tertukar dengan siapapun. 

Demikian tips paling sederhana dalam menghadapi kegagalan. Yakinlah Allah memberikan segala sesuatu selalu surprise di moment yang tepat dan indah jika kita selalu mensyukuri apa yang diberikan. Tugas kita sebagai manusia adalah terus berupaya, lakukan yang terbaik dan jangan pernah putus asa. Semoga bermanfaat. 

Terimakasih...



1 Response to "Bagaimana Tips Paling Sederhana dalam Menghadapi Kegagalan?"

  1. join dengan kami situs terpercaya dan teraman Proses
    Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah
    cs online 1x24 jam
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    BBM : areatoto

    ReplyDelete

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel