Maag Kronis Bisa Sembuh Perlahan-lahan Tanpa Obat Dokter

Maag kronis bisa dibilang maag yang tergolong sulit untuk diobati secara instan. Titik sentral maag ada di lambung. Lambung kita tidak kunjung sembuh. Ada saja masalahnya. Saya mulai maag tahun 2011. Saya pernah mengkonsumsi obat dokter apapun itu terkait dengan penyembuhan maag...berhasil....tapi hanya meredakan sakit sekilas. 

Kalau menyebut maag kronis, tentu saja tidak langsung kronis lambung kita. Pasti sebelumnya pernah terjadi maag yang biasa-biasa saja. Mengapa saya katakan ada maag yang biasa saja, karena hanya sesekali datang menyerang lambung kita. Kategori maag biasa, saya asumsikan sebagai gejala munculnya penyakit Maag. Saking seringnya gejala maag muncul dirasakan oleh kita, maka jangan heran muncul maag kronis. 

Seperti apa ciri-ciri maag biasa atau gejala maag yang saya alami?

Saat keseringan makan makanan yang pedis biasanya merasakan sakit kepala dan diare
Saat makan makanan yang berminyak, bersantan, spontan akan keluar serasa ditekan dari dalam sehingga makanan yang baru masuk langsung dimuntahkan. Meskipun kita tidak merasakan sakit apapun saat muntah.

Itulah 2 hal yang sering saya rasakan diawal-awal maag... kondisi ini prosesnya tidak stabil. Artinya kadang-kadang saja terjadi. Terkadang tidak bermasalah. Karena kita menginginkan tubuh selalu sehat, maka mau tidak mau, kita harus bisa mengendalikan diri dan mencoba untuk mengatasinya. Sehingga kita tidak terjebak yang namanya maag kronis. 

Lalu apa ciri-ciri paling menonjol maag kronis yang saya alami?

Sakit kepala terasa berat, pedis bagian dalam kepala 
Bagian leher terasa tegang 
Tidak bisa masuk makanan dalam perut, termasuk air putih, karena ketika baru memasukan makanan dalam perut spontan makanan itu terdorong keluar 
Badan terasa hangat, lama kelamaan panas tinggi dan demam sampai tiga atau empat hari bahkan semingguan baru kondisi kita kembali normal 
Dalam perut terasa ada gelembung-gelembung yang menyebar dan ketika ditekan itu sangat-sangat sakit 
Menyentuh kulit perut terasa sakit 
Tidak suka mencium bau makanan tertentu

Kemudian mengapa ciri-ciri maag kronis itu terjadi?

Saya intropeksi diri ada yang salah dengan pola hidup sehari-hari.

# Menerapkan diet ketat
Saya pernah menerapkan diet ketat dan jarang makan nasi. Cuman makan kue seadanya/ngemil dan me instan (biasalah kebiasaan anak kos). Dan itu terjadi selama 3 tahun mulai kulia tahun 2005 – 2008. Setelah itu mulai kembali mengkonsumsi nasi tapi tetap saja porsinya sedikit. Saat itu keliru dalam menafsirkan kata diet. Bayangkan saja lambung sering kosong...akhirnya terjadi gesekan dinding lambung yang menyebabkan luka. Gimana tidak maag kronis sekian tahun lambung tersiksa hanya karena kesalahan sendiri.

 # Kebiasaan sering terlambat makan
Pengalaman keseringan makan terlambat jadi pemicu naiknya asam lambung.

Lalu bagaimana solusi yang saya lakukan tanpa harus menggunakan obat dokter?

Solusi dari Segi Minuman

Minum air gula putih satu gelas setiap hari sebelum makan. Dilakukan sebelum sarapan pagi, sebelum makan siang dan sebelum makan malam. Anggap saja kita meminum air putih biasa 1 gelas setiap sebelum makan. Cara buatnya, masukan satu sendok gula putih ke dalam gelas berukuran sedang tuangkan air hangat, aduk hingga gulanya larut. Silahkan minum sampai habis. Boleh juga menggunakan air mendidih tapi tidak langsung diminum yaa....biarkan hingga airnya hangat. Kalaupun malas boleh minum dipagi hari saja.
Minum air sagu setiap pagi hari sebelum sarapan. Cara buatnya masukan satu sendok sagu ke dalam gelas berukuran sedang, tuangkan air hangat, aduk hingga sagunya larut, silahkan minum sampai habis. 
Minum madu 1 sendok setiap pagi dan 1 sendok di malam hari sebelum tidur. Caranya bisa langsung diminum, bisa juga diseduh dengan air hangat.
Dari ketiga cara itu, mana yang lebih baik digunakan. Semuanya baik digunakan. Teman-teman bisa memanfaatkan apa yang ada. Selama ini saya lebih memilih air gula karena mudah saya dapatkan. Kemana-mana saya pergi tidak sulit untuk itu. Setiap rumah pasti ada gula putihnya kan?!... Kalau air sagu dan madu kadang-kadang saja. Jadi jangan mempersulit diri. 

Solusi Dari Segi Makanan

Selain solusi di atas, kita juga bisa mengurangi mengkonsumsi makanan yang dianggap bisa menyebabkan maag atau gejala yang kita rasakan tidak kunjung sembuh. Saya ingin juga berbagi pengalaman tentang makanan yang tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat maag. Jadi kalau saya ada semacam pantangan dari  segi makanan. Kondisi maag setiap orang berbeda...tentu gejala dan cara mengatasinya bisa beda. 
Ada beberapa makanan yang sangat jarang saya konsumsi yaitu sayur kol/kubis, sayur nangka, makanan yang berbahan dasar daging sapi, Indome dan sejenisnya. 
Kemudian ada makanan yang saya kurangi porsi makannya. Dalam hal ini makanlah seperlunya jangan banyak, jangan berturut-turut setiap hari (makanan yang berbahan dasar ketan, bersantan, berminyak). Utamanya gorengan jangan makan sebelum ada isi perut/perut dalam keadaan kosong.

Saya kurang tau pasti apa kandungan dari setiap jenis makanan itu, dan mengapa ketika saya makan bisa berdampak negatif. Tapi semua berdasarkan real pengalaman. Saya masih berusaha pelajari.

Banyak teman-teman dan keluarga yang mengatakan jika melihat makanan jangan diyakini bahwa makanan itu pantangannya. Itu adalah sugesti saja. Intinya makanlah jangan pantang. Karena kalau pantang selamanya makin jadi maagnya.

Tapi karena saya yang mengalami langsung...dari pada sakit, mendingan dipertimbangkan apa yang dimakan. Tidak asal makan. Saya pun ingin makan tanpa harus pantang. Tapi kondisi lambung yang tidak memungkinkan...

Solusi Dari Segi Pikiran

Solusi lain yang juga perlu kita terapkan adalah jangan banyak pikiran macam-macam (istilahnya jangan streslah). Bukan berarti manusia tidak boleh memiliki pikiran atau tidak boleh stres ..boleh saja asal jangan berlebihan. Banyak hal yang membuat kita stres. Jika itu tugas dan tanggung jawab yang perlu kita selesaikan entah mendesak atau tidak jangan dipikirkan terus. Tapi selesaikanlah perlahan-lahan. Pada akhirnya juga akan selesai. Begitupun dengan masalah yang lainnya.
Kenapa saya kaitkan pikiran dengan Maag, karena pengalaman saya selama ini, dengan banyaknya pikiran macam-macam sangat mempengaruhi kondisi kesehatan. Terutama maag. Pada saat proses berpikir itu melibatkan emosi. Emosi naik asam lambung juga gampang meningkat. Sehingga kondisi tubuh juga gampang drop.
Dari semua cara mengatasi maag kronis, saya asumsikan tergolong sangat sederhana karena prosesnya alami, maka kita juga harus berpikir sederhana. Artinya tidak ada obat alami yang hasilnya instan. Butuh kesabaran, konsisten dengan diri sendiri untuk menerapkannya, mampu mengendalikan diri dalam hal emosi, tidak lupa berdoa agar kita selalu diberi kesehatan yang Maha Kuasa. Manusia hanya bisa berusaha, berdoa dan ikhtiar, selebihnya Tuhan yang mengatur dan menghendaki.

Alhamdulillah tidak harus mengeluarkan uang banyak, saya bisa mengatasi maag kronis. Usahakan pola makan yang teratur...Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman...

Terimakasih...




0 Response to "Maag Kronis Bisa Sembuh Perlahan-lahan Tanpa Obat Dokter"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Sesuai Topik Artikel dan Bahasa yang Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel